LAPORAN AKHIR KULIAH KERJA NYATA
LAPORAN AKHIR
KULIAH KERJA NYATA
SMA ISLAM BRAWIJAYA
Jl.Surodinawan Kecamatan.Prajurit Kulon Kota Mojokerto
Disusun Oleh : Kelompok 11
Dosen Pembimbing Lapangan : Sugeng Eko Yuli Waluyo, SE,MM
UNIVERSITAS MAYJEN SUNGKONO
MOJOKERTO
2021
LAPORAN AKHIR
KULIAH KERJA NYATA
DI LINGKUNGAN
Sekolah : SMA Islam Brawijaya Mojokerto
Kecamatan : Prajurit Kulon
Kota : Mojokerto
Disusun Oleh :
UNIVERSITAS MAYJEN SUNGKONO
MOJOKERTO
2021/2022
HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN AKHIR KULIAH KERJA NYATA 2021
Lokasi KKN Sekolah : SMA Islam Brawijaya
Alamat : Jl.Surodinawan Kecamatan.Prajurit Kulon Mojokerto
Peserta KKN :
Dosen Pembimbing Lapangan: Sugeng Eko Yuli Waluyo, SE,MM
Waktu Pelaksanaan : 18 Desember 2021
Mojokerto, 2021
Ketua Kelompok
( Dimas Bayu Ardi )
NIM : 2018011022
Lembar Persetujuan
PERSETUJUAN
DOSEN PEMBIMBING LAPANGAN
Naskah laporan pelaksanaan KKN tahun 2021 yang bertempat di :
Nama Lokasi : SMA Islam Brawijaya
Alamat : Jl. Surodinawan, Mergelo, Surodinawan, Kec. Prajurit Kulon, Kota
Mojokerto, Jawa Timur 61328
Kecamatan : Prajurit Kulon
Kota / Kab : Mojokerto
Waktu Pelaksanaan : Sabtu, 18 Desember 2021
Telah disetujui sesuai dengan petunjuk, karena itu kami menyetujui naskah tersebut diajukan kepada LPPM Universitas Mayjen Sungkono Sebagai bagian penyelesaian program KKN.
Mojokerto, 20 Desember 2021
Ketua KKN Dosen Pembimbing Lapangan
Hascaria Budi P. S.H,.M.H Sugeng Eko Yuli Waluyo. SE., MM
NIDN.0719128905 NIDN.0731077801
Mengetahui
Kepala LPPM
Oktaviani Permatasari S.E.,M.M
NIDN.0704108105
KATA PENGANTAR
Syukur alhamdulillah kami panjatkan kehadirat Allah SWT, karena dengan taufik dan hidayahnya sehingga kami dapat menyelesaikan laporan akhir KKN ini sesuai dengan kegiatan yang telah dilalukan. Tak lupa pula kita sanjung sajikan shalawat dan salam kepada pangkuan nabi besar Muhammad SAW yang telah membawa kita dari alam kebodohan ke alam penuh ilmu pengetahuan sehingga kami dapat menyusun “Laporan Akhir KKN” ini dengan sedemikian rupa.
Tidak lupa kami ucapkan terima kasih kepada :
Bapak Kolonel Infanteri Hadi Purnomo, selaku ketua umum Yayasan Pendidikan dan Sosial Mayjen Sungkono Mojokerto
Bapak Dr. H. Hery Setiawan,S.H.M.SI selaku Rektor Universitas Mayjen Sungkono
Bapak Ibu Dekan semua Fakultas di Universitas Mayjen Sungkono
Bapak Sugeng Eko Yuli Waluyo, S.E., M.M selaku dosen pembimbing lapangan
Bapak Kepala Sekolah SMA ISLAM BRAWIJAYA yang telah memberikan dukungan kepada kami selama KKN berlangsung sehingga kami dapat menyelesaikan program KKN dengan lancar.
Semoga laporan ini dapat bermanfaat, semoga memberikan pemahaman dan ilmu baru bagi kita semua. Mohon maaf jika ada kesalahan yang terdapat pada laporan ini karna sesungguhnya kesempurnaan hanya milik Allah SWT.
Terimakasih kepada pihak yang telah melaksanakan dan mendukung kegiatan KKN ini, sehingga adanya laporan kegiatan akhir yang sederhana ini.
Mojokerto, 18 Desember 2021
Penyusun
DAFTAR ISI
COVER i
HALAMAN PENGESAHAN. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .ii
LEMBAR PERSETUJUAN. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .iv
KATA PENGANTAR. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . v
DAFTAR ISI. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .. . . . . . . vi
DAFTAR GAMBAR. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . vii
DAFTAR TABEL . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . viii
DAFTAR LAMPIRAN. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .iv
BAB I PROFIL LOKASI. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 1
Demografi SMA Islam Brawijaya Mojokerto. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .1
Sejarah Singkat Berdirinya SMA Islam Brawijaya Mojokerto. . . . . . . . . . . . .. 2
Struktur Organisasi. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .4
Potensi Sekolah. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .12
BAB II RUMUSAN MASALAH 16
BAB III KEGIATAN KKN 19
Kegiatan Kuliah Kerja Nyata. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 19
Rekapitulasi Kegiatan Kuliah Kerja Nyata. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 22
Uraian Kegiatan Kuliah Kerja Nyata. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 23
Capaian Kegiatan Kuliah Kerja Nyata. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 30
BAB IV PENUTUP. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 33
Kesimpulan. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 33
Saran. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 34
DAFTAR PUSTAKA. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 35
LAMPIRAN. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 36
DAFTAR GAMBAR
Gambar 1.1 Peta SMA Islam Brawijaya Mojokerto. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . i
Gambar 3.1 Foto Pembekalan KKN. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . i
DAFTAR TABEL
Tabel 3.1 Struktur Organisasi Sekolah. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . i
DAFTAR LAMPIRA
Lampiran 1. Daftar Pertanyaan. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . i
Lampiran 2. Peta SMA Islam Brawijaya Mojokerto. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . i
Lampiran 1. Foto Dokumentasi Kegiatan KKN . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . i
BAB I
PROFIL LOKASI
Demografi SMA Islam Brawijaya Mojokerto
SMA Islam Brawijaya adalah sekolah SMA swasta yang ada di Kota Mojokerto. SMA Islam Brawijaya Mojokerto berada di Jl. Raya Surodinawan, Desa/Kelurahan Surodinawan, Kecamatan Prajuritkulon, Kota Mojokerto, Provinsi Jawa Timur 61328, dengan Nomor Statistik Sekolah 3005316101.
Gambar 1.1 Peta SMA Islam Brawijaya Mojokerto
Sumber : Google Maps
SMA Islam Brawijaya berdiri pada tahun 1978 dengan status bagunan sekolah milik sendiri dan status akreditasi Disamakan dengan surat keputusan 722/I04/PP/2004 TGL 9 Peb 2001, Penerbit SK a.n Dirjen Dikdasmen Kakanwil. Jarak lokasi sekolah ke pusat kota 1 Km, jarak ke pusat otoda 3 Km. Terletak pada lintasan kota dengan jumlah keanggotaan rayon 11 sekolah. Organisasi Penyelenggara Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Sabilul Muttaqin Kota Mojokerto.
Sejarah Singkat Berdirinya SMA Islam Brawijaya Mojokerto
SMA Islam Brawijaya adalah sekolah SMA swasta yang ada di Kota Mojokerto. SMA Islam Brawijaya berada di Kecamatan Prajuritkulon Kota Mojokerto. SMA Islam Brawijaya Mojokerto berdiri tahun 1978 berdasarkan Akta Notaris yang ada. Semula lokasi sekolah berada di Jalan Brawijaya No. 99 Kota Mojokerto. Sejak berdirinya sampai tahun 1997, siswa masuk pagi dan sore, karena pagi dipakai juga oleh SMP Islam Brawijaya. Pengembangan gedung sekolah terus dilakukan, termasuk pembelian tanah yang ada di wilayah Kelurahan Surodinawan Kecamatan Prajurit kulon. Pembangunan gedung dilakukan diatas tanah yang dibeli. begitu ruang kelas sudah didirikan, maka berangsur siswa dipindahkan ke gedung yang baru. Tahun 1997 seluruh kegiatan belajar mengajar dipindahkan ke gedung sekolah yang baru di Jalan Surodinawan Kecamatan Prajuritkulon Kota Mojokerto dan seluruh siswa masuk pagi sampai sekarang.
Untuk pengakuan kelayakan penyelenggaraan pendidikan dari Dinas P&K Provinsi Jawa Timur atas SMA Islam Brawijaya telah meraih Status Akreditasi masuk katagori Status DISAMAKAN dari tahun pelajaran 1992-1993 sampai dengan tahun pelajaran 2006-2007. Selanjutnya ketika dilaksanakan akreditasi ulang telah mampu mempertahankan status Akreditasi yang terhormat bagi sekolah swasta dengan status TERAKREDITASI A. Untuk menambah keunggulan sekolah mulai tahun 2008 SMA Islam Brawijaya telah memiliki kelayakan sebagai Sekolah RINTISAN SEKOLAH STANDAR NASIOANAL (RSSN), selanjutnya yang sedang menjadi harapan bagi sekolah adalah meraih Rintisan Sekolah Berbasis Internasional.
SMA Islam Brawijaya Kota Mojokerto dibawah naungan Yayasan Pondok Pesantren dan Pendidkan Ma’arif Sabilul Muttaqin, yang meliputi :
a. Pondok Pesantren Sabilul Muttaqin
b. SMA Islam Brawijaya Kota Mojokerto
c. SMP Islam Brawijaya Kota Mojokerto
d. Madrasah Tsanawiyah Brawijaya Kota Mojokerto
Berdirinya SMA Islam Brawijaya Kota Mojokerto, tidak lepas dari peran utama dari seorang Kyai Kharismatik yaitu KH Achyat Chalimy, beliau adalah Pengasuh Pondok Pesantren Sabilul Muttaqin, tapi memiliki kepedulian yang kuat terhadap masalah yang berkembang di masyarakat, terutama bidang pendidikan, kemiskinan dan kesehatan. Obsesi beliau diwujudkan dalam bentuk gerakan bersama tokoh masyarakat, para aghniya’ para santrinya. Dan atas berkat Rahmat Allah SWT. Telah mampu mendirikan beberapa lembaga yaitu :
Bidang Pendidikan, telah didirikan Mualimin Mualimat yang kemudian dilegitimasi secara yuridis formal menjadi Madrasah Tsanawiyah Kota Mojokerto di bawah naungan Departeman Agama. kemudian juga mendirikan lembaga Pendidikan tingkat pertama dan atas SMP dan SMA Islam Brawijaya Kota Mojokerto.
Bidang Sosial, telah didirikan sebuah yayasan yang menampung anak yatim piatu yaitu Yayasan Penampungan Anak Yatim ( YPAY) Al Ikhlas di Kota Mojokerto
Bidang Kesehatan, telah didirikan sebuah rumah sakit dengan bekerja sama dengan seluruh elemen masyarakat dan para simpatisan berdirilah sebuah Rumah Sakit Islam Sakinah.
Struktur Organisasi
Struktur Organisasi SMA Islam Brawijaya Mojokerto
Tabel 3.1 Struktur Organisasi SMA Islam Brawijaya Mojokero
Keterangan :
Kepala Sekolah : Yogie Dana Insani,S.Si
Kepala Sekolah bertanggung jawab atas penyelenggaraan kegiatan pendidikan, administrasi sekolah, pembinaan tenaga kependidikan lainnya, dan pendayagunaan serta pemeliharaan sarana dan prasarana.
Kepala Sekolah sebagai pemimpin harus mampu:
Mendorong timbulnya kemauan yang kuat dengan penuh semangat dan percaya diri para guru, staf dan siswa dalam melaksanakan tugas masing-masing
Memberikan bimbingan dan mengarahkan para guru, staf dan para siswa serta memberikan dorongan memacu dan berdiri di depan demi kemajuan dan memberikan inspirasi sekolah dalam mencapai tujuan (Wahjosumidjo, 2005: 105)
Sehingga disimpulkan Tugas Kepala Sekolah yaitu sebagai edukator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator, motivator, figur dan mediator.
Kepala Tata Usaha: M. Shofiyuddin S.Kom
Tugas pokok dan fungsi Kepala Tata Usaha bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dalam kegiatan:
Penyusunan program kerja tata usaha sekolah.
Pengelolaan dan pengarsipan surat-surat masuk dan keluar.
Pengurusan dan pelaksanaan administrasi sekolah.
Pembinaan dan pengembangan karir pegawai tata usaha sekolah.
Penyusunan administrasi sekolah meliputi kurikulum, kesiswaan dan ketenagaan.
Penyusunan dan penyajian data/statistik sekolah secara keseluruhan.
Penyusunan tugas staf Tata Usaha dan tenaga teknis lainnya.
Mengkoordinasikan dan melaksanakan 9 K.
Penyusunan laporan pelaksanaan secara berkala.
Wakasek Kurikulum: Nur Khodijah S.Pd
Wakasek Kurikulum memiliki tugas pokok dan fungsi sebagai berikut:
Menyusun dan menjabarkan kalender pendidikan.
Menyusun pembagian tugas guru dan jadwal pelajaran.
Mengatur penyusunan progam pembelajaran (program-program satuan pembelajaran, dan persiapan mengajar, penjabaran dan penyesuaian kurikulum.
Mengatur pelaksanaan kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler.
Mengatur pelaksanaan program penilaian, kriteria kenaikan kelas, kriteria kelulusan dan laporan kemajuan belajar siswa, serta pembagian rapor dan STTB.
Mengatur pelaksanaan program perbaikan dan pengayaan.
Mengatur pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar.
Mengatur pengembangan MGMP dan koordinator mata pelajaran.
Mengatur mutasi siswa.
Melakukan supervisi administrasi dan akademis.
Menyusun laporan.
Wakasek Kesiswaan: A Hakam S.Ag
Wakasek Kesiswaan memiliki tugas dan fungsi sebagai berikut :
Mengatur dan mengkoordinasikan pelaksanaan 7K (keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, kekeluargaan, kesehatan, dan kerindangan).
Mengatur dan membina program kegiatan OSIS meliputi Kepramukaan, Palang Merah Remaja (PMR), Kelompok Ilmiah remaja (KIR), Usaha Kesehatan sekolah (UKS), Patroli Keamanan Sekolah (PKS), dan lain-lain.
Membina pengurus OSIS dalam berorganisasi.
Mengadakan pemilihan siswa untuk mewakili sekolah dalam kegiatan di luar sekolah.
Mengatur mutasi siswa.
Mengatur program pengembangan diri.
Mengatur program pesantren kilat/kegiatan amaliah ramadhan.
Menyelenggarakan porseni antar kelas.
Menyusun dan mengatur pelaksanaan pemilihan siswa berprestasi.
Menyeleksi calon untuk diusulkan mendapat beasiswa.
Membuat Menyusun dan membuat kepanitiaan penerimaan siswa baru dan pelaksanaan MOPD.
laporan kegiatan kesiswaan secara berkala.
Wakasek Sarpras: Drs. H. Moch Mujib MM
Wakasek Sarana Prasarana mempunyai tugas pokok dan fungsi sebagai berikut :
Merencanakan kebutuhan sarana prasarana untuk menunjang proses belajar mengajar
Merencanakan program pengadaannya
Mengatur pemanfaatan sarana dan prasarana
Mengelola perawatan, perbaikan dan pengisian
Mengatur pembukuannya
Menyusun laporan.
Wakasek Humas: Ima Ihwayuni S.Pd
Waka Hubungan Masyarakat memiliki tugas pokok dan fungsi sebagai berikut :
Mengatur dan mengembangkan hubungan dengan Komite Sekolah dan peran Komite Sekolah
Membina hubungan antara sekolah dengan orang tua/wali murid
Menjalin hubungan dengan lembaga/instansi terkait dalam rangka pengembangan sekolah.
Koordinasi dengan semua staf untuk kelancaran kegiatan sekolah
Menyelenggarakan bakti sosial, karya wisata
Menyelenggarakan pameran hasil pendidikan di sekolah (gebyar pendidikan)
Mewakili Kepala Sekolah apabila berhalangan untuk menghadiri rapat masalah yang bersifat umum
Membuat laporan kegiatan secara berkala.
BP/BK: Drs. M Machfud
Tugas Dan Tanggungjawab Guru Bimbingan konseling (BK) sebagai berikut:
Melakukan studi kelayakan dan needs assessment pelayanan bimbingan dan konseling.
Menyusun dan melaksanakan program bimbingan dan konseling yang meliputi waktu kegiatan, metode bimbingan konseling, serta pengolahan data hasil bimbingan dan konseling. Program bimbingan dan konseling dilaksanakan untuk satuan‐satuan waktu tertentu. Program‐program tersebut dikemas dalam program harian/mingguan, bulanan, semesteran, dan tahunan.
Melaksanakan program pelayanan bimbingan dan konseling.
Menilai proses dan hasil pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling.
Menganalisis hasil penilaian pelayanan bimbingan dan konseling.
Melaksanakan tindak lanjut berdasarkan hasil penilaian pelayanan bimbingan dan konseling.
Mempersiapkan diri, menerima dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan kepengawasan oleh Pengawas Sekolah/Madrasah Bidang Bimbingan dan Konseling.
Berkolaborasi dengan guru mata pelajaran dan wali kelas serta pihak terkait dalam pelaksanaan program bimbingan dan konseling.
Mengadakan koordinasi dengan wali kelas, guru bidang studi dan ketua jurusan serta urusan kesiswaan dalam rangka pembinaan siswa dan orangtua wali murid.
Bersama wali kelas dam kesiswaan dalam menangani kesiswaan yang berkaitan secara psikis dengan kenakalan siswa, penyimpangan disiplin dan gangguan belajar.
Mengembangkan potensi siswa sesuai dengan bakat dan minat siswa.
Mengembangkan potensi siswa dalam pengenalan lingkungan dan dunai kerja.
Memberikan bimbingan dan konseling kepada siswa secara individu yang berkaitan dengan hambatan hidup, latar belakang sosial, pengaruh lingkungan, kesukaran belajar dan sebagainya.
Mengadministrasikan kegiatan program pelayanan bimbingan dan konseling yang dilaksanakannya.
Mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas dalam pelayanan bimbingan dan konseling secara menyeluruh kepada Koordinator Bimbingan dan Konseling serta Kepala Sekolah/Madrasah.
Membuat laporan berkala kepada kepala sekolah.
Visi dan Misi SMA Islam Brawijaya Mojokerto
Kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di sekolah/madrasah. Sekolah/Madrasah sebagai unit penyelenggara pendidikan juga harus memperhatikan perkembangan dan tantangan masa depan. Perkembangan dan tantangan itu misalnya menyangkut :
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,
Globalisasi yang memungkinkan sangat cepatnya arus perubahan dan mobilitas antar dan lintas sector serta tempat,
Era informasi,
Pengaruh globalisasi terhadap perubahan perilaku dan moral manusia,
Berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan, dan
Era perdagangan bebas.
Tantangan sekaligus peluang itu harus direspon oleh sekolah SMA Islam Brawijaya, sehingga visi sekolah diharapkan sesuai dengan arah perkembangan tersebut. Visi tidak lain merupakan citra moral yang menggambarkan profit sekolah yang diinginkan di masa datang. Namun demikian, visi sekolah harus tetap dalam koridor kebijakan pendidikan nasional. Visi juga harus memperhatikan dan mepertimbangkan :
Potensi yang dimiliki sekolah/madrasah,
Harapan masyarakat yang dilayani sekolah/madrasah. Dalam merumuskan visi, pihak-pihak yang terkait (stakeholders) bermusyawarah, sehingga visi sekolah mewakili aspirasi berbagai kelompok yang terkait, sehinggga seluruh kelompok yang terkait (guru, karyawan, siswa, orang tua, masyarakat, pemerintah) bersama-sama berperan aktif untuk mewujudkannya. Visi pada umumnya dirumuskan dengan kalimat :
(1) Filosofis, (2) Khas, (3) Mudah diingat.
Berikut ini merupakan visi dan misi yang dirumuskan oleh sekolah SMA Islam Brawijaya :
Visi SMA Islam Brawijaya
Visi SMA Islam Brawijaya Mojokerto.“ J U S D E L I M A “ Yaitu singkatan dari:
Ju : Jujur
S : Sains
De : Demokratis
Li : Life Skill
Ma : Martabat
Dengan visi tersebut diharapkan agar semua komponen sekolah, baik guru, karyawan dan siswa mempunyai sifat yang jujur dalam menjalankan amanah di manapun berada, menguasai sains dan teknologi sesuai perkembangan jaman, memiliki sikap demokratis dalam berorganisasi baik di sekolah maupun di masyarakat, memiliki kecakapan hidup (life skill) dan menjaga martabat sebagai manusia yang mengemban tugas “Rahmatan Lil Alamin” (Memberikan manfaat bagi manusia, tumbuhan, hewan, semua makhluk di bumi).
Misi SMA Islam Brawijaya Mojokerto
Mengembangkan dan menumbuhkan martabat yang bersumber atas perilaku beragama bagi siswa dengan prinsip menjaga dan melestarikan nilai-nilai lama yang baik serta menerima dan mencipta nilai-nilai baru yang lebih baik.
Memberikan bekal ilmu yang cukup bagi siswa.
Menumbuh kembangkan minat, bakat siswa yang berorientasi pada life skil yang mampu menjembatani siswa dalam menghadapi persaingan di masyarakat.
Mendorong dan memotivasi siswa untuk berlaku jujur dan demokratis dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan dari SMA Islam Brawijaya Mojokerto
SMA Islam Brawijaya memiliki tujuan yang terdiri dari tujuan jangka pendek dan jangka panjang, adapun penjelasannya sebagai berikut:
Tujuan Jangka Pendek ( 2009-2010)
Meningkatkan disiplin siswa hingga mencapai 100% siswa.
Meningkatkan kualitas akhlak siswa melalui kegiatan rutin dan incidental 100%.
Menargetkan kelulusan siswa 100%.
Memberikan bekal ketrampilan praktis bagi siswa dengan pencapaian 100%.
Tujuan jangka Panjang
Meningkatkan kualitas siswa di bidang perilaku beragama yang mengedepankan pembentukan karakter moral yang berahlakul karimah.
Meningkatkan prestasi akademik bagi siswa dengan penerapan proses belaja mengajar yang efektif.
Penerapan dan peningkatan disiplin siswa.
Pemahaman diri bagi siswa dalam menggali potensi yang dimiliki dengan pendekatan Bimbingan dan Konseling.
Mengembangkan life skill siswa dengan berbagai kegiatan ekstra seperti (Iptek,Imtak Olahraga, Seni dan Keterampilan terapan).
Memberikan motivasi dan kesadaran sebagai sosial yang bermasyarakat khususnya dalam demokrasi dan kejujuran.
Mencetak siswa sebagai kader yang memiliki kepedulian lingkungan dan kepekaan sosial serta mampu berkompetitif pada komunitas yang ada.
Memerantarakan hak tarbiyah islamiyah bagi kalangan dhu’afa dengan memaksimalkan kepedulian aghniya’.
Memerantarakan cita-cita generasi robbani yang terbiasa dengan ikhyaaus sunnah. Dan Memerantarakan cita-cita persaudaraan umat islam yang selaras dengan semangat ( QS 6 :152 dan QS. 4 : 59 )
Potensi Sekolahan
Potensi SMA Islam Brawijaya Mojokerto
Potensi yang dimiliki SMA Islam Brawijaya adalah sekolah berbasis islam dan memiliki keunggulan lebih. Yang menawarkan Beberapa keunggulan mulai dari sarana dan prasarana, program unggulan dan ekstrakulikuler. Pelajaran agama yang lebih intensif, dan dilatih berakhlaqul karimah. Salah satu alasan yang penting dari memilih sekolah berbasis islami adalah adanya pelatihan tingkah laku dan budi pekerti menurut tuntutan agama.
SMA Islam Brawijaya juga memiliki lokasi yang strategis, dimana letaknya berada di lintas kota. Tanah seluas kurang lebih 1,5 H, dan setengah dari tanah yang dimiliki telah didirikan bangunan untuk memfasilitasi penyelenggaraan pendidikan. Gedung yang ditempati sejak tahun 2007, telah mengalami pengembangan yang signifikan, disamping sarana untuk bisa olahraga, sarana-sarana lain juga dikembangkan, misalnya, gedung yang didirikan telah dilengkapi dengan pagar keliling, yang selama 24 jam telah dijaga oleh petugas SATPAM secara bergantian. Dibagian depan sekolah telah dibangun taman memanjang dari batas tanah bagian utara sampai selatan, taman dibangun dengan maksud agar nampak keasrian lingkungan setiap orang memandang, diareal bagian dalam telah ditanam berbagi jenis tanaman yang membuat lingkungan dalam keadaan yang rindang, masing-masing kelas bagian depan juga dibangun taman kelas, sirkulasi udara dalam kelas lebih dari cukup, dan jauh dari kebisingan suara kendaraan bermotor, sehingga kenyamanan proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik Sarana ibadah juga disediakan dengan menyediakan tempat musollah seukuran masjid, yang dapat menampung kurang lebih 400 orang, bagian lantai satu untuk putra dan lantai dua untuk putri sholat dhuha dilaksanakan sebelum jam pelajaran dimulai dan sholat dhuhur berjamaah sebelum pulang sekolah.
Pelayanan terhadap perut dan tenggorokan, disediakan dua tempat, satu sebuah ruang untuk memenuhi peralatan sekolah dan camilan yang sehat, sedang satunya lagi diluar ruang telah disediakan sebuah warung yang menyediakan makan untuk sarapan dan minuman dengan harga sangat murah tapi sehat dan satu lagi PKL pedagang bakso dan bagi pelanggan dapat ambil sendiri porsi yang diinginkan. Bagi siswa yang sakit telah disediakan tempat penampungan di ruang UKS yang memiliki dua kamar, serta disediakan obat-obatan sebagai langkah pertolongan pertama. Sekolah juga menyediakan buku rujukan kesehatan untuk perikasa kesehatan di puskesmas terdekat. Untuk melatih siswa dalam berorganisasi sekolah menyediakan satu ruang OSIS. jika ada kegiatan sekolah, pengurus OSIS selalu siap membantu kegiatan yang diselenggarakan dan biasanya selalu tampil didepan dalam setiap kegiatan, ruang OSIS jadi ramai dikunjungi. Dengan luasnya tanah yang tersisa, sekolah menanam tanaman produktif seperti puluhan pohon mangga, pisang dan lain-lain di tepat lahan yang belum didirikan bangunan gedung, jadi sekolah memeliki kebun produktif yang setiap kali panen akan dimakan bersama-sama. Dalam interaksi sosial komunitas antara kepala sekolah, guru karyawan dan masyarakat sekitar berlangsung hubungan yang familier, semua komponen duduk sama rendah berdiri sama tinggi. Hal ini jarang dalam komunitas sekolah lain.
Dalam soal kerohanian agama, sekolah telah memiliki pakar ilmu agama yang terdiri dari para kyai dan ustadz yang memiliki pengetahuan agama yang tinggi. Bagi siswa yang rumahnya diluar kota dan atau yang memiliki niat memperdalam pengetahuan agama, sekolah bekerja sama dengan beberapa pondok pesantren seperti :
PP Sabilul Muttaqin, alamat Jl. KH Wakhid Hasyim 1.5 km dari lokasi sekolah. Pondok Pesantren ini tempat bermukimnya KH Achyat Chalimy, pendiri SMA Islam Brawijaya, sekarang di asuh oleh KH M Muthoharun sebagai Ketua Dewan YP3M Sabilul Muttaqin yang membawahi SMA Islam Brawijaya ( menampung santri putra dan putri )
PP Al Khodijah, alamat Jl. Raya Surodinawan 75 m dari lokasi sekolah, di asuh oleh KH Abd Aziz ( dominan untuk santri putri )
PP Nurul Huda, alamat Jl. KH Usman, 100 m dari lokasi sekolah, diasuh oleh KH. Faqih Usman ( dominan untuk santri putra ).
Prestasi yang diraih SMA Islam Brawiyaja Mojokerto
Dalam keikutsertaan berbagai lomba/pertandingan, SMA Islam Brawijaya Kota Mojokerto, baik cabang olah raga maupun cabang seni tidak ketinggalan dalam merebutkan juara yang dilombakan atau dipertandingkan, terbukti dengan prestasi yang diraih oleh tim olah raga sekolah. Seperti daftar perolehan piala penghargaan dari tahun ke tahun berikut ini:
Daftar piala yang diperoleh SMA Islam Brawijaya Mojokerto
Drum Band 1984 I PDBI Kabupaten/Kota Mojokerto Pada Rampak
Volley Ball 1985 II ABRI Tim
Volley Ball 1985 III Dinas P dan K Kota Tim
Vestifal Tari Tradisional 1987 III Dinas P dan K Kota Putri
Karnaval Pembangunan 1989 I Pemkot Mojokerto Tim
Parade Drum Band 1991 I Pemkot Mojokerto Paramanandi
SKJ'88 1991 III Pemkot Mojokerto Tim
Mengarang Keagamaan 1991 I Pemkot Mojokerto Tim
Program Infistasi OR 1991 II Pemkot Mojokerto Tim
Drum Band 1992 I POLRES Paramanandi
Atletik 1994 I KONI Propinsi Jatim Lari 400 m
Bahana Swara Pelajar III 1994 III Dewan Kesenian Kota Drama
Volley Ball 1994 II Pemkot Mojokerto Putra
Lomba Pidato 1997 III HUT DEPAG ke 51 Se-Kota
Drum Band 1997 III Pemkot Mojokerto Kirap
Lomba Pidato P4 1997 II Pemkot Mojokerto Putra
Lomba MTQ/ Pidato 1997 III Depag Kota Mojokerto Putra
Tenis Meja 1999 II Pemkot Mojokerto Putra
Tenis Meja 2000 III IKIP PGRI Putra
Samroh Tk.SLTA 2002 III Pemkot Mojokerto Pekan Seni
Basket 2002 II Mentari Brawijaya Putra
Basket 3 on 3 2002 II PERBASI Kota Tim
Basket 2002 I Pemkot Mojokerto Wali Kota Cip
Basket 2003 I Senat Undar Jombang Tim
Terbang Jidor 2003 Hrp.II Wisata Desa Tim
Seni Menulis Puisi 2004 III Pemkot Mojokerto MURI
Basket 2004 I PERBASI Kota Putra
Lomba Sains 2004 II Pemkot Mojokerto Putra
Lomba Sains Computer 2004 II Pemkot Mojokerto Putra
Basket 2004 I Taruna Jaya Putra
Gerak Jalan 2004 II Pemkot Mojokerto Putri
Samroh 2004 I Pemkot Mojokerto Pekan Seni
Basket 2004 II Rajawali Cup Putra
Basket 2004 I Rajawali Cup Putra
Basket 2004 II Rajawali Cup Putra
Basket 2004 II Rajawali Cup Putra
Basket 2005 III Taruna Jaya Putra
Gerak Jalan 17 Km 2005 II Pemkot Mojokerto Putri
Basket 2005 I UNDAR Jombang Putra
Basket 2006 III Taruna Jaya Putra
Pemilihan Gus dan Yuk 2007 Finalis Pemkot Mojokerto Gus
Teater Bhs. Inggris 2007 I UNESA Tim
BAB II
RUMUSAN MASALAH
Dalam rangka pelaksanaan perwujudan dari Tridharma perguruan tinggi Universitas Mayjen Sungkono Mojokerto yang mana telah diamanatkan didalam Undang – Undang Nomor 12 Tahun 2021 tentang Pendidikan Tinggi maka, Universitas Mayjen Sungkono menyelengarakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Islam Brawijaya.
KKN adalah kegiatan akademik yang wajib diikuti oleh Mahasiswa Universitas Mayjen Sungkono yang telah memenuhi persyaratan dengan melaksanakan kegiatan terpadu pendidikan , penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Implementasi KKN yaitu menerjunkan Mahasiswa ke lapangan untuk melakukan serangkaian kegiatan berupa pengabdian kepada masyarakat dengan dilakukan pendampingan oleh Dosen Pendamping Lapangan. Melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), Mahasiswa diharapkan mampu untuk mengenal lingkungan masyarakat secara langasung dengan segala permasalahan yang terjadi dan mencari alternatif solusi permasalahan. Melalui kegiatan ini pula, diharapkan dapat menjadi jembatan bagi mahasiswa manuju ke dunia kerja yang cakupannya lebih luas untuk menerapkan hasil belajar di bangku kuliah.
Meskipun pada tahun 2021, kita semua tahu bawasannya pandemi covid-19 masih ada, namun kegiatan KKN tetap dilaksanakan dengan memenuhi protokol kesehatan, sebab di Kota Mojokerto sendiri sudah ada surat edaran terkait penurunan angka kematian atas covid-19, hal ini tentunya juga berdampak pada penurunan level pada PPKM di tingkat Kota. Namun tetap juga harus dijaga ketat protokol kesehatan, agar senantiasa terhindar dari wabah tersebut.
Terkait atas hal tersebut, maka KKN tetap menjadi penting sebab ada pesan yang harus disampaikan terhadap masyarakat khususnya generasi muda terhadap pentingnya untuk tetap berkarya dan bangkit dari covid-19, meskipun dalam hal perekonomian bangsa masih mengalami ketidakstabilan. Tentunya masih ada harapan baik dalam menyongsong dinamika yang ada di Negara Indonesia ini.
Pentinganya membangun kesadaran dalam diri untuk bangkit dalam situasi yang sulit bagi generasi penerus bangsa, terutama juga kaitannya dengan ketahanan Negara. Tidak dapat dipungkiri bahwasannya ketahanan negara adalah sebuah konsep yang harus dapat dipertahankan bersama yang mana didalamnya terdapat pesan damai terutama dalam konsep Pentingnya Serifikasi Halah Dalam Usaha Makanan terutama dalam agama dan pendidikan.
Kegiatan perekonomian tentunya tidak terlepas dari perkembangan dan kemajuan suatu produk. Sebagai seorang muslim yang tinggal di negara mayoritas muslim tentunya perlu memperhatikan kehalalan suatu produk, dengan berkembangnya teknologi dapat mendorong terciptanya produk-produk baru, yang membuat kita harus lebih selektif lagi dalam memilih produk halal yang sesuai dengan syariat Islam.
Sebagai negara dengan penduduk Muslim mayoritas, Indonesia memang memiliki aturan tersendiri tentang barang halal. Pentingnya sertifikasi halal ini bahkan menjadi salah satu syarat untuk beberapa produk, terutama industri makanan. Sertifikasi halal ini menjadi bukti jika produk makanan tersebut tidak mengandung bahan-bahan yang dilarang dalam ajaran Islam. Di Indonesia, sertifikasi halal sendiri dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).
Pada praktiknya, sertifikasi halal ini menjadi penting karena banyak orang yang beranggapan jika barang yang halal memiliki lebih banyak manfaat. Baik bagi produsen maupun bagi konsumen. Sertifikat halal ini juga menjadi jaminan tentang mutu dan kualitas dari produk tersebut. Secara aturan, di Indonesia sendiri hanya Majelis Ulama Indonesia yang berhak mengeluarkan sertifikat halal ini.
Untuk beberapa hal, ketentuan sertifikasi halal ini juga menjadi aturan untuk sebuah produk bisa dijual atau tidak. Ketentuan halal ini juga menjadi penting terutama untuk produk yang memiliki target pasar umat Islam. Sertifikasi halal ini juga bisa menjadi semacam jaminan jika produk tersebut aman dan tidak mengandung bahan yang berbahaya. Penggunaan sertifikasi halal juga kini tidak hanya berfokus pada industri makanan. Sudah banyak bahan dan produk lain yang juga turut serta dalam sertifikasi halal ini. Hal tersebut juga bertujuan untuk memberikan jaminan jika produk yang mereka buat aman untuk digunakan.
Terutama dalam hal berbisnis perlu diketahui bahwa banyak negara yanga menerapkan standard tertentu agar perusahaan dapat merambah pasarnya. Standard juga termasuk setifikasi, misalnya misalnya berbentuk sertifikat ISO dan tidak terkecuali sertifikat halal. Dengan adanya sertifikat halal bagi usaha, maka akan memudahkan usaha untuk merambah pasar lokal, nasional dan global terutama pada produk halal. Ini merupakan potensi tersendiri mengingat pemeluk agama islam juga cukup banyak didunia.
Kegiatan sosialisasi dan penyuluhan ini mengajarkan kepada siswa siswi di SMA Islam Brawijaya untuk memahami kegiatan Ketahanan Nasioanal mengenai Pentingnya Sertifikasi Halal Dalam Usaha Makanan. Dalam kegiatan sosialisasi dan penyuluhan kita akan mendapatkan banyak pelajaran, terutama pada lingkungan masyarakat. Oleh karena itu untuk program kerja KKN tahun ini membuat kegiatan sosialisasi dan penyuluhan yang dilaksanakan bersama siswa siswi di SMA Islam Brawijaya di Kota Mojokerto pada tanggal 18 Desember 2021. Dengan jumlah siswa 30 orang kelas X IPA dan IPS terdiri dari 14 perempuan dan 16 laki-laki. Kelompok sasaran dari kegiatan sosialisasi dan penyuluhan siswa siswi kelas X IPA dan IPS di SMA Islam Brawijaya. Tujuan kegiatan sosialisasi dan penyuluhan ini untuk memahami kegiatan Ketahanan Nasioanal mengenai Pentingnya Sertikasi Halal Dalam Usaha Makanan. Disamping itu juga untuk menjaga hubungan baik dan silaturahmi antara mahasiswa perguruan tinggi Universitas Mayjen Sungkono dengan siswa siswi SMA Islam Brawijaya.
Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini siswa dan siswi SMA Islam Brawijaya Mojokerto dapat memahami bagaimana pentingnya sertifikasi halal dalam usaha makanan untuk menunjang ketahanan ekonomi, kemudian bagaimana efektifitas sosialisai dengan tema tersebut , dan kami mahasiswa – mahasiswi peserta KKN Kelompok 11 dapat mengevaluasi tentang pemahaman siswa dan siswi SMA Islam Brawijaya Mojokerto dalam memahami pentingnya sertifikasi halal dalam usaha makanan untuk menunjang ketahanan ekonomi.
BAB III
KEGIATAN KKN
Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN)
KKN (Kuliah Kerja Nyata) adalah mata kuliah yang berbentuk praktik penguasaan keilmuan di perusahaan/institusi lain yang memiliki keterkaitan antara keilmuan dan/atau keprofesian dengan latar belakang program pendidikan mahasiswa. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa dari semua fakultas yang ada di Universitas Mayjen Sungkono secara serentak dalam kurun waktu tertentu. Ada 5 Lokasi objek KKN diantaranya ada di SMAN 1 Kota Mojokerto, SMPN 5 Kota Mojokerto, SMP Al-Qur’an AN NAWAWIY, SMA Islam Brawijaya dan Desa Balongmojo Kec.Puri Kab. Mojokerto. Untuk kelompok 11 mendapat lokasi di Sekolah Menengah Atas (SMA) Islam Brawijaya dengan tujuan untuk berbagi ilmu pengetahuan kepada siswa siswi sesuai dengan bidang ilmu masing-masing dengan mensosialisasikan “Pentingnya Sertifikasi Halal Dalam Usaha Makanan Untuk Ketahanan Ekonomi” . Kegiatan KKN ini dilaksanakan 3 hari. Dalam implementasinya kegiatan KKN yang dilaksanakan oleh Universitas Mayjen Sungkono pelaksanaan KKN dilakukan oleh semua fakultas dan dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari masing-masing fakultas yang ada di Universitas Mayjen Sungkono dengan harapan pelaksanaannya akan melebihi dengan kompetensi yang dimiliki oleh masing-masing fakultas.
Dalam upaya mengevaluasi hasil yang diperoleh mahasiswa setelah menempuh program KKN, maka mahasiswa diwajibkan untuk menyusun proposal dan laporan KKN. Keseragaman dalam menyusun proposal maupun laporan KKN dinilai penting sebab tidak saja memudahkan dan mempercepat penulisan dan pembimbingan tetapi juga dapat menggambarkan hasil yang akan diperoleh mahasiswa selama menjalani proses KKN. Untuk itu, diperlukan buku pedoman KKN yang menjadi pedoman bersama bagi dosen pembimbing KKN dan mahasiswa yang menempuh KKN. Melalui buku pedoman ini diharapkan mahasiswa dapat melaksanakan aktifitasnya secara efektif sehingga manfaat yang diperoleh benar-benar dapat meningkatkan kompetensinya.
3.1.1 Tujuan KKN
Tujuan yang ingin dicapai dari pelaksanaan program KKN meliputi:
Meningkatkan kompetensi praktek agar sesuai dengan kebutuhan pengguna dan siap memasuki pasar kerja maupun dunia usaha.
Memberikan tambahan keahlian mahasiswa dalam memecahkan masalah di dunia kerja maupun di dunia usaha.
Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam beradaptasi dengan masyarakat.
Meningkatkan kepedulian terhadap permasalahan yang ada di masyarakat dan menemukan solusi permasalahan tersebut.
3.1.2 Manfaat KKN adalah:
A. Bagi Mahasiswa
Dapat meningkatkan kecerdasan emosional dan intelektual.
Dapat menerapkan pengetahuan teoritis yang diperoleh di program pendidikan dalam berbagai kasus riil di dunia kerja maupun dunia usaha.
Menumbuh-kembangkan rasa percaya diri dalam menjalani kehidupan bermasyarakat.
Bagi Perusahaan/ Instansi/ Masyarakat
Dapat melaksanakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan/ lembaga kepada masyarakat.
Memperoleh sumbangan pemikiran dan tenaga dalam rangka meningkatkan kinerja perusahaan/ lembaga dan masyarakat.
Sebagai sarana membangun jaringan kerjasama untuk memperoleh tenaga kerja potensial
Bagi Jurusan
Memperluas jaringan kerjasama dengan berbagai perusahaan/lembaga dan pelaku usaha.
Meningkatkan relevansi kurikulum berbagai program pendidikan di Universitas Mayjen Sungkono dengan dunia kerja dan dunia usaha.
Meningkatkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
Bagi Dosen Pembimbing
Memperoleh pengetahuan dan pemahaman tentang berbagai praktik di dunia kerja dan dunia usaha.
Meningkatkan jaringan kerjasama dengan dunia kerja dan dunia usaha
Rekapitulasi Kegiatan
Uraian Kegiatan Kuliah Kerja Nyata
Pembekalan
Menempuh kegiatan KKN atau Kuliah Kerja Nyata menjadi kewajiban bagi setiap mahasiswa yang ingin lulus kuliah. Sebelum melaksanakan kegiatan ini, mahasiswa perlu mengikuti pembekalan KKN. Kegiatan pembekalan ini juga wajib sifatnya bagi semua mahasiswa. Pembekalan KKN Universitas Mayjen Sungkono dilakukan pada Senin, 13 Desember 2021 Pukul 18.00 WIB.
Gambar 3.1 Pembekalan KKN Daring/Online Via Zoom meeting
Mengingat kurang lebih 2 tahun ini sampai sekarang kita mengalami pandemic , maka pembekalan KKN Universitas Majen Sungkono dilaksanakan melalui Daring/Online menggunakan aplikasi zoom meeting. Adapun tujuan dari dilaksanakannya program pembekalan sebelum mahasiswa berangkat KKN, adalah sebagai berikur :
Memberikan Materi KKN
Kegiatan pembekalan ini bertujuan untuk memberikan materi KKN kepada mahasiswa. Lewat kegiatan ini mahasiswa akan memahami apa saja yang akan diselenggarakan selama KKN.
Memperkenalkan Apa Itu KKN
Pembekalan bertujuan memberi pengenalan kepada mahasiswa mengenai kegiatan KKN. Tentu saja ini menjadi pengalaman pertama bagi mahasiswa untuk terjun langsung menjalani KKN.
Mendekatkan Diri dengan Rekan KKN
Program KKN dilakukan berkelompok dimana Kegiatan pembekalan KKN ini akan menjadi momen yang tepat untuk mengenal rekan sekelompok sehingga menjadi lebih akrab dan kompak.
Memberikan Gambaran Program KKN
Lewat aktivitas pembekalan ini, pembimbing bisa memberikan gambaran atau contoh program KKN. Biasanya akan dipaparkan program KKN di tahun-tahun sebelumnya.
Memotivasi Mahasiswa Menjalani KKN
Program pembekalan ini akan menjadi kesempatan untuk memberikan motivasi bagi mahasiswa sebelum menjalani KKN. KKN merupakan salah satu kegiatan kampus yang cukup panjang dan melelahkan. Tentunya dibutuhkan semangat dan kerja keras agar mahasiswa bisa menjalaninya dengan baik.
Pembukaan KKN
Pada hari Jum’at, 17 Desember 2021 dilaksanakan pembukaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2021/2022 yang diikuti oleh seluruh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2021/2022 di halaman Universitas Mayjen Sungkono Kota Mojokerto.
Tujuan dari Kegiatan ini adalah untuk membuka kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2021/2022 yang diikuti seluruh mahasiswa di halaman Universitas Mayjen Sungkono Mojokerto, dan dibuka oleh Pembina upacara sedangkan Manfaat kegiatan ini yaitu dapat memberi informasi atau tanda kepada seluruh civitas akademika Universitas Mayjen Sungkono bahwa kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2021/2022 telah dimulai dan segera dilaksanakan.
Kegiatan Sosialisasi
Sosialisasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) setidaknya memiliki 3 (tiga) arti sebagai berikut: Pertama, suatu usaha untuk mengubah milik seseorang/perseorangan menjadi milik umum atau milik negara. Kedua, proses belajar seorang anggota masyarakat untuk mengenal dan menghayati kebudayaan masyarakat dalam lingkungannya. Ketiga, upaya memasyarakatkan sesuatu sehingga menjadi dikenal (KBBI, 2016).
Kegiatan sosialisasi yang kami ambil meriujuk pada pengertian sosialisasi sebagai upaya memasyarakatkan sesuatu sehingga menjadi dikenal merupakan pengertian yang paling dapat diterima dalam konteks kegiatan sosialisasi yang bertema “Pentingnya Sertifikasi Halal Dalam Usaha Makanan Untuk Menunjang Ketahanan Ekonomi”.
Pelaksanaan Sosialisasi
Hari / tanggal : Sabtu, 18 Desember 2021
Wakt : 07.00 – 10.30
Tempat : SMA Islam Brawijaya Mojokerto
Peserta hadir : 30 siswa kelas 10
Sosialisasi dimulai pada pukul 07.00 diawali dengan sambutan Oleh Dosen Pembimbing Lapangan Bapak Sugeng Eko Yuli Waluyo, S.E, M.M, disusul dengan Pengenalan mahasiswa KKN Kelompok 11 kepada siswa kelas 10, setelah itu mahasiswa kelompok 11 mengenalkan kampus Universitas Mayjen Sungkono kepada siswa dan siswi.
Pada pukul 07.30 perwakilan 4 orang mahasiswa KKN kelompok 11 memulai sosialisasi, perwakilan tesebut diantaranya :
Moderator oleh : Dimas Bayu Ardi
Pemateri 1 oleh : Dwi Agustyas Saputri
Pemateri 2 oleh : Kiki Nur Alifah
Notulen oleh : Afridatus Su’udiyah K
Yang pertama penyampaian materi oleh Dwi Agustyas mengenai pengertian makanan halal, syarat – syarat produk halal , pengertian sertifikasi halal , kewajiban seorang muslim dalam mengkonsumsi makanan halal, kemudian penyampaian materi oleh Kiki Nur Alifa mengenai manfaat makanan halal, manfaat sertifikasi halal bagi produsen dan manfaat sertifikasi halal bagi konsumen. Setelah penyampaian materi dilakukanlah sesi Tanya jawab oleh perwakilan mahasiswa KKN kelompok 11 kepada siswa dan siswi Kelas X SMA Islam Brawijaya Mojokerto. Manfat dari sosialisai ini adalah :
Siswa dapat mengetahui apa itu makanan halal dan manfaat makanan halal
Siswa dapat mengetahui syarat syarat produk halal
Siswa dapat memahami apa itu sertfikasi halal, pentingnya sertifikasi halal dalam usaha makanan.
Siswa dapat memahami manfaat sertifikasi halal bagi konsumen dan bagi Produsen.
Dalam proses kegiatan sosialisasi, sikap siswa menunjukkan respon yang sangat positif dalam pemahaman materi sosialisasi yang bertema “Pentingnya Sertifikasi Halal Dalam Usaha Makanan Untuk Menunjang Ketahanan Ekonomi”, hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa saat sesi tanya jawab. Banyak siswa yang mampu menjawab pertanyaan yang di siapkan oleh mahasiswa KKN.
Kegiatan Games Hiburan Indor
Dalam kegiatan KKN game menjadi salah satu program non tema yang dilakukan oleh kelompok 11 dalam sosialisasi ketahan nasional di SMA Islam Brawijaya. Ada beberapa game yang dilakukan yaitu :
A. Game Tebak Kata
Tebak kata merupakan permainan yang menyenangkan dan cocok untuk dimainkan di kala senggang. Permainan ini juga sangat menghibur di kala harus menunggu di sebuah antrean layanan yang cukup panjang. Jika dahulu permainan tebak kata biasa dimainkan di permainan papan atau board game. Maka kini seiring dengan kemajuan teknologi, permainan tebak kata bisa dinikmati melalui smartphone Android Anda.
Tebak kata menjadi salah satu Game yang dilakukan oleh kelompok 11 di kelas X IPA SMA Islam Brawijaya. Game dimulai pada pukul 11.00 – 12.00 WIB, Game ini dilakukan untuk menunjang kegiatan utama sebelumnya yakni sosialisasi. Selain itu pemilihan game ini dilakukan sebagai kagiatan rileksasi bagi siswa setelah menerima materi sosialisasi.
Game ini tidak memerlukan peralatan yang berat melainkan hanya bermodal pengetahuan. Memainkannya dapat dilakukan oleh sedikit ataupun banyak orang. Peserta game yang dibentuk selama kegiatan KKN terdiri dari Mahasiswa dari Universitas Mayjen Sungkono dan siswa kelas X SMA Islam Brawijaya. Untuk menarik minta siswa didalam permainan kelompok 11 juga menyiapakan hadiah bagi siswa yang dapat menjawab tebak kata.
Game ini memiliki banyak manfaat bagi siswa. Saat bermain game, siswa menjadi lebih terlibat dalam pembelajaran mereka, konten yang diajarkan diperkuat dan kepositifan kelas meningkat. Diterapkannya permainan tebak kata siswa dapat turut aktif dalam bekerja sama antarsiswa dan bertanggungjawab. Siswa juga akan mempunyai kekayaan bahasa atau kata-kata. Hal tersebut memudahkan siswa dalam menanamkan konsep pembelajaran dalam ingatan siswa. Sehingga dalam pelaksanaan permainan tebak kata ini diharapkan guna untuk memberikan dorongan siswa agar berminat dalam pembelajaran dan meningkatnya motivasi belajar.
B. Game Estafet Sarung
Permainan estafet sarung adalah permainan yang sering diadakan dalam acara lomba-lomba. Estafet sarung lebih fokus pada adu ketangkasan para peserta lomba. Permainan ini akan mengungkapkan bagaimana suatu kelompok mampu bekerja sama dalam membuat strategi yang tepat untuk memenangkan persaingan yang sangat ketat.
Game Estafet Sarung menjadi pemilihan game terakhir yang dilakukan oleh kelompok 11 dalam Kegiatan KKN di SMA Islam Brawijaya. Pada pukul 13.00-14.30 Setalah game pertama tebak kata, game kedua ini dipilih untuk meningkatkan Eufotia siswa di jam-jam terakhir kegiatan dan juga pemberian hadiah bagi partisipan game yang diharapkan semakin meningkatkan ueforia siswa. Pelaksanaan game estafet sarung tidak bagitu rumit hanya memerlukan dua hal yakni sarung dan peserta permainan.
Alat dan bahan : Sarung
Jumlah peserta : sekitar 7 peserta per kelompok
Waktu : 15-30 menit.
Gambaran permainan :
Para peserta outbound harus adu cepat untuk memindahkan benda dengan sarung yang dikalungkan di leher tanpa boleh menggunakan tangan.
Cara permainan :
Setiap kelompok berdiri berbanjar ke belakang. Peserta paling depan mendapatkan sebuah sarung yang dikalungkan ke leher.
Pada saat fasilitator memberi aba-aba ‘’ mulai ‘’, peserta pertama tiap kelompok akan memindahkan sarung yang terkalung ditangan ke lehernya kemudian ke leher teman di sampingnya dengan posisi tangan saling bergandengan antar peserta. Pemindahan ini harus secepat mungkin dan tidak boleh menggunakan bantuan alat.
Peserta kedua segera menerima sarung tersebut dari lehernya dan segera memberikan kepada peserta berikutnya.begitu seterusnya hingga sarung berpindah ke peserta terakhir.
Pemenangnya adalah kelompok yang peserta terakhirnya lebih dulu menerima sarung tersebut
Kegiatan Kerja Bakti
Salah satu kebudayaan yang menjadi identitas masyarakat adalah kerja bakti. Kegiatan ini biasanya dilakukan masyarakat sekitar secara bersama-sama, dengan tujuan untuk membangun infrastruktur atau membersihkan lingkungan sekitar yang dilaksanakan secara gotong royong. Salah satunya kerja bakti di lingkungan sekolah dilakukan agar sekolah bersih , sehat dan nyaman sehingga kegiatan belajar mengajar jadi lebih kondusif . Kegiatan kerja bakti ini merupakan suatu kegiatan wujud dari kepedulian terhadap kebersihan lingkungan sekitar . Dimana dengan adanya kegiatan ini kita dapat mewujudkan rasa kepedulian dengan lingkungan sekitar untuk menjaga kebersihan, kegiatan ini juga dapat menumbuhkan rasa gotong royong sesama manusia.
Kegiatan kerja bakti dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 18 Desember 2021 pukul 14.30-15.30 WIB yang dilaksanakan di SMA Islam Brawijaya , kegiatan ini termasuk dalam KKN ( Kuliah Kerja Nyata ) oleh mahasiswa Universitas Mayjen Sungkono kelompok 11 dalam mewujudkan kepedulian terhadap lingkungan juga menumbuhkan rasa gotong royong sesama manusia. Dimusim penguhujan ini kerja bakti sangat perlu dilakukan, dengan kondisi lingkungan sekolah yang mulai banyak tumbuhan – tumbuhan liar, mengingat hampir satu tahun ajaran, kegiatan belajar mengajar hanya dilakukan secara daring/online. Untuk itu kegiatan kerja bakti ini dilakakukan diantara nya dengan menyapu halaman sekolah , memotong rumput , memotong ranting pohon yang lebat untuk menghindari kemungkinan buruk cidera pada warga sekolah dan menghindari adanya warga sekolah yang terserang penyakit DBD karena sedang musim penghujan.
Dengan adanya kegiatan kerja bakti diharapkan agar SMA Islam Brawijaya bisa bersih dan para siswa nyaman untuk melakukan kegitan belajar mengajar tatap muka di sekolah seperti sebelum adanya PPKM serta dapat menumbuhkan rasa peduli , gotong royong dan menjalin keakraban antar sesame. Peralatan untuk kerja bakti yang digunakan pada saat di sekolah seperti sapu lidi , cikrak , tempat sampah , gunting rumput dan cangkul kecil, parang,sabit. Kegiatan kerja bakti ini dilakukan oleh semua mahasiswa KKN kelompok 11 dengan dibantu 30 siswa kelas X jurusan IPA dan IPS.
Setelah kegitan akhir yaitu kerja bakti pada pukul 15.30 – 16.00 WIB kegiatan KKN di SMA Islam Brawijaya Mojokerto selesai, penutupan dilakukan di halaman kantor kepala sekolah, penutupan diikuti oleh semua kelompok KKN yang dipimpin oleh Ketua Lppm Ibu Oktaviani Permatasari S.E.,M.M. diikuti oleh DPL kelompok 11 Bapak Sugeng Eko Yuli Waluyo. SE.,MM dan juga kepala sekolah SMA Islam Brawijaya Mojokerto. Kemudian peserta KKN Kelompok 11 memberikan penyerahan kenang kenangan secara simbolis kepada kepala sekolah SMA Islam Brawijaya Mojokerto. Kemudian penutupan di tutup dengan do’a.
Penutupan KKN
Pada hari minggu, 19 Desember 2021 dilaksanakan penutupan Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2021/2022 yang diikuti oleh seluruh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2021/2022 di halaman Universitas Mayjen Sungkono Kota Mojokerto. Penutupan bertujuan untuk mengakhiri kegiata Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2021/2022 yang diikuti seluruh mahasiswa di halaman Universitas Mayjen Sungkono Mojokerto, dan ditutup oleh Pembina upacara. Adapun manfaat dari kegiatan ini adalah dapat mengembangkan wawasan karakter dan soft skill mahasiswa dalam menanamkan jiwa dan nilai-nilai kebersamaan, kemandirian, etos kerja dan tanggung jawab.
Capaian Kegiatan KKN
3.4.1 Kegiatan Sosialisai
Peserta dari kegiatan sosialisasi ini adalah 30 siswa yang terdiri dari 14 siswa perempuan dan 16 laki-laki. Analisa hasil ini diperoleh dari quisioner sesi tanya jawab yang diperoleh. Kuisioner pertama ini di berikan sebelum pemaparan terkait pentingnya sertifikat halal pada makanan. Dan pada kuisioner ini 80 % atau 20 siswa tidak dapat menjawab, 20 % atau 5 siswa dapat menjawab dengan jawaban yang kurang tepat. Namun setelah di beri sosialisasi terkait pentingnya sertifikat halal pada makanan sekitar 85% atau 25 siswa dapat menjawab dengan tepat dan para siswa menjadi paham kenapa sertifikat halal itu menjadi sangat penting.
Evaluasi ini kami lakukan dengan 2 cara yaitu yang pertama melalui kuisioner dengan 10 pertanyaan dan yang kedua yaitu evaluasi yang dilakukan secara langsung dengan mengkroscek pada kemasan makanan, apakah dikemasan makanan tersebut terdapat label halal?. Hasil capaian dari kegiatan sosialisasi pentingnya setifikat halal pada makanan yaitu
siswa dapat memahami mengenai apa itu makanan halal serta syarat2 produk halal.
siswa dapat memahami mengenai pengertian sertifikasi halal, kewajiban seorang muslim dalam memakan makanan halal
siswa juga dapat memahami manfaat makanan halal, manfaat sertifikasi halal khusunya bagi pridusen dan konsumen
siswa juga aktif dan antusias dalam sesi tanya jawab atau kuisioner mengenai makanan halal.
3.4.2 Kegiatan Games
Peserta dari kegiatan ini adalah 30 siswa 14 siswa perempuan dan 16 laki-laki, pada sesi pertama kami memulai games tebak kata dan sesi kedua adalah estafet sarung, dimana 80% atau 20 siswa yang merasa bosan setelah kegiatan di dalam kelas . Pada akhirnya menunjukkan antusiasnya Game ini memiliki banyak manfaat bagi siswa. Saat bermain game, siswa menjadi lebih terlibat dalam pembelajaran mereka, permainan tebak kata siswa dapat turut aktif dalam bekerja sama antar siswa dan bertanggungjawab. Siswa juga akan mempunyai kekayaan bahasa atau kata-kata. Hal tersebut memudahkan siswa dalam menanamkan ingatan siswa sehingga dalam pelaksanaan permainan tebak kata ini diharapkan guna untuk memberikan dorongan siswa agar berminat dalam pembelajaran dan meningkatnya motivasi belajar.
Games estafet sarung Permainan estafet sarung adalah permainan yang sering diadakan dalam acara lomba-lomba. Estafet sarung melatih fokus pada adu ketangkasan para peserta lomba. Permainan ini akan mengungkapkan bagaimana suatu kelompok mampu bekerja sama dalam membuat strategi yang tepat untuk memenangkan persaingan yang sangat ketat.
3.4.3 Kegiatan Kerja Bakti
Pada saat pendemi ini sekolah dan pemerintah sepakat untuk menjalankan kegiatan belajar mengajar dirumah atau yang disebut daring. Karena itu kondisi sekolah yang tidak terawat dan menjadi sangat kotor. Maka kami tim kelompok 11 melakukan kegiatan kerja bakti sebagai wujud gotong royong agar menciptakan suasana yang asri dan humanis.
Capaian dari kegiatan kerja bakti di lingkungan sekolah dilakukan agar sekolah bersih , sehat dan nyaman sehingga kegiatan belajar mengajar jadi lebih kondusif . Kegiatan kerja bakti ini merupakan suatu kegiatan wujud dari kepedulian terhadap kebersihan lingkungan sekitar . Dimana dengan adanya kegiatan ini kita dapat mewujudkan rasa kepedulian dengan lingkungan sekitar untuk menjaga kebersihan.
Kegiatan KKN merupakan wahana bagi mahasiswa untuk mendukung terwujudnya sumber daya manusia yang berkualitas yang merupakan modal utama dalam pembangunan yang harus ditingkatkan agar mempunyai daya saing yang tinggi. KKN ini juga bertujuan memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa dan kelompok sasaran KKN untuk mengembangkan potensi diri, menyusun perencanaan, pengembangan dan peningkatan kualitas masyarakat. Berdasarkan uraian pelaksanaan program kerja KKN di SMA Islam Brawijaya Mojokerto Kecamatan prajurit kulon kota Mojokerto tanggal 18 Desember 2021 dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut :
KKN menjadi media bagi mahasiswa untuk mentransfer ilmu pengetahuannya yang diperoleh dari bangku perkuliahan. 2. KKN mampu menjadi wadah untuk mahasiswa dalam penyusunan suatu program.
Pelaksanaan program kerja KKN baik berupa bidang kependidikan maupun non kependidikan dapat berjalan dengan baik dan lancar karena adanya kerjasama yang baik antar mahasiswa dengan pihak masyarakat, walaupun kualitas dan kuantitasnya belum sesuai dengan rencana karena keterbatasan biaya, waktu dan kemampuan mahasiswa.
Program kerja dapat berlangsung dengan baik berkat partisipasi semua pihak dan rekan-rekan Tim KKN yang membantu meluangkan waktunya untuk terlaksananya program KKN.
BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
Kesimpulan
Kesimpulan yang kami dapatkan dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mayjen Sungkono Mojokerto tahun 2021 di SMA Islam Brawijaya Mojokerto mendapat sambutan, tanggapan dan perhatian yang positif dari pihak sekolah dan siswa sehingga dapat berjalan dengan baik dan lancar. Program - program yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN dapat berjalan dengan lancar walaupun ada beberapa kendala dan hambatan karena masih dalam masa pandemi Covid 19.
Program KKN yang dilaksanakan memiliki keterbatasan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan agar meminimalisir penyebaran Covid-19. Program atau kegiatan tersebut antara lain: Sosialisasi beserta tanya jawab, Games berhadiah, terhadap siswa dan siswi SMA Islam Brawijaya Mojokerto ,dan bakti sosial ( kerja bakti) . Sosialisasi yang dilakukan bertujuan agar siswa dan siswi SMA Islam Brawijaya Mojokerto paham tentang Pentingnya sertifikasi halal dalam usaha makanan.
Mengingat SMA Islam Brawijaya Mojokerto merupakan sekolah berbasis islam, makan tujuan utama dari sosialisasi tentang pentingnya sertifikasi halal dalam usaha makanan adalah agar siswa siswi memahami tujuan pencantuman logo halal pada produk makanan dan minuman adalah untuk melindungi siswa dan siswi terhadap produk yang tidak halal. Memberikan kepastian hukum bahwa produk makanan dan minuman tersebut benar-benar halal sesuai yang disyariatkan oleh Hukum Islam. Siswa siswi muslim tidak akan ragu-ragu untuk membeli produk makanan dan minuman, karena pada kemasan produk makanan dan minuman tersebut telah tercantum logo halal.
Saran
Dengan tujuan untuk memberikan masukan serta partisipasi demi kemajuan dalam meningkatkan taraf dan mutu organisasi, kami mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mayjen Sungkono memberikan beberapa saran kepada berbagai pihak yang terkait dalam pelaksanaan KKN ini yang diharapkan dapat berguna untuk peningkatan mutu dan kualitas semua pihak, antara lain sebagai berikut :
Bagi siswa dan siswi SMA Islam Brawijaya Mojokerto
Semua siswa dan siswi maupun tenaga pendidik tetap harus mematuhi protokol kesehatan, seperti mencuci tangan, memakai handsanitizer, memakai masker ketika sosialisasi yang dilakukan oleh para Mahasiswa maupun ketika pembelajaran tatap muka , serta menjaga jarak minimal 1 meter untuk mencegah penyebaran Covid-19.
Pemberian informasi yang jelas dan tepat dari pihak sekolah agar tidak terjadi Miss atau kesalah pahaman ketika pemberian sosialisasi untu mendukung kelancaran acara , agar sesuai jadwal dan mendapatkan hasil yang maksimal.
Bagi Mahasiswa KKN Periode selanjutnya
Mahasiswa hendaknya mampu menyiapkan diri baik dari segi mental/spritual, fisik, serta kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik untuk dapat bersosialisasi dan menyesuaikan diri dalam lingkungan bermasyarakat.
Mahasiswa hendaknya menanamkan sikap tanggung jawab, mandiri, rendah hati, sikap saling menghargai dan menghormati, sikap kekeluargaan dan kebersamaan, dan selalu bekerjasama.
DAFTAR PUSTAKA
Penerbit smaislambrawijayakotamojokerto.blogspot.com (2010, 05 Januari). KTSP SMA Islam Brawijaya. http://smaislambrawijayakotamojokerto .blogspot.com/2010/01/ktsp-sma-islam-brawijaya-kota-mojokerto.html?m=1. Diakses pada 20 Desember 2021, dari
Penerbit smaislambrawijayakotamojokerto.blogspot.com (2010, 01 Juli). Profil SMA Islam Brawijaya.https://www.google.co.id/amp/s/data.sekolah-kita.net/sekolah/SMAS%2520ISLAM%2520BRAWIJAYA_126621. Diakses pada 20 Desember 2021.
Penerbit asy-syaamil.com (2018, 04 April). Ini Alasan Mengapa Harus Memilih Sekolah Berbasis Islam. http://asy-syaamil.com/ini-alasan-mengapa-harus-memilih-sekolah-berbasis-islam/ . Diakses pada 20 Desember 2021.
Penerbit smkcendekiabatujajar.sch.id (2020, 17 Agustus). Fungsi dan Tugas Kepala Sekolah. Diakses pada 24 Desember 2021, dari https://smkcendekiabatujajar.sch.id/editorial/fungsi-dan-tugas-kepala-sekolah/
Penerbit m2mpekanbaru.sch.id. Tupoksi Tata Usaha. Diakses pada 24 Desember 2021, dari https://m2mpekanbaru.sch.id/MAN2/tupoksi-tata-usaha/
Penerbit sman5kotabogor.sch.id. Wakil Kepala Sekolah. Diakses pada 24 Desember 2021, dari https://sman5kotabogor.sch.id/index.php/54/page/54/wakil-kepala-sekolah
Penerbit uraiantugas.com (2017, Maret). Tugas Guru Bimbingan Konseling. Diakses pada 24 Desember 2021, dari https://www.uraiantugas.com/2017/03/tugas-guru-bimbingan-konseling-disekolah.html
LAMPIRAN
Lampiran 1. Daftar Pertanyaan
Lampiran 2. Peta SMA Islam Brawijaya Mojokerto
Jl. Surodinawan, Mergelo, Surodinawan, Kec. Prajurit Kulon, Kota Mojokerto, Jawa Timur 61328
(0321) 392686
GC6C+XR Surodinawan, Kota Mojokerto, Jawa Timur
Lampiran 3. Dokumentasi Kegiatan KKN
Pembekalan 13/12/2021 : Pembekalan KKN 2021-2022 yang diikuti Seluruh Mahasiswa Peserta KKN Universitas Mayjen Sungkono Kota Mojokerto secara daring/Oline via zoom meeting.
Pembukaan KKN 17/12/2021 : Pembukaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2021/2022 yang diikuti oleh seluruh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2021/2022 di halaman Universitas Mayjen Sungkono Kota Mojokerto.
NB : Selesai pembukaan KKN, Kelompok 11 melakukan kegiatan bungkus membungkus hadiah.
Sosialisai KKN 18/12/2021: Kegiatan sosialisasi“Pentingnya Sertifikasi Halal Dalam Usaha Makanan Untuk Menunjang Ketahanan Ekonomi”di SMA Islam Brawijaya Mojokerto, dibuka oleh sambutan Dosen Pembimbing Lapangan Bapak Sugeng Eko Yuli Wayulo, SE,.MM. di ikuti perkenalan mahasiswa KKN Kelompok 11.
NB : Sosialisasi oleh perwakilan 5 mahasiswa kelompok 11, Dimas bayu ardi (Moderator), Dwi agustyas saputri (Pemateri 1), Kiki Nur Alifa (Pemateri 2), Afridatus su’idiyah K (Notulen).
NB : Sesi tanya jawab oleh mahasiswa KKN Kepada siswa dan siswi serta pemberian hadiah bagi yang berani menjawab pertanyaan dan berani bertanya.
NB: Sesi game tebak kata, Game ini dilakukan untuk menunjang kegiatan utama sebelumnya yakni sosialisasi. Selain itu pemilihan game ini dilakukan sebagai kagiatan rileksasi bagi siswa setelah menerima materi sosialisasi, peserta yang bisa menebak kata dalam games tersebut mendapatkan hadiah.
NB : Game Estafet Sarung menjadi pemilihan game terakhir yang dilakukan oleh kelompok 11 dalam Kegiatan KKN di SMA Islam Brawijaya, game kedua ini dipilih untuk meningkatkan Eufotia siswa di jam-jam terakhir kegiatan dan juga pemberian hadiah bagi partisipan game yang diharapkan semakin meningkatkan ueforia siswa serta pembagian hadiah.
Kegiatan Kerja Bakti : Kegiatan ini menjadi kegiatan terakhir pada tanggal 18/12/2021 yang termasuk dalam KKN ( Kuliah Kerja Nyata ) oleh mahasiswa Universitas Mayjen Sungkono kelompok 11 dalam mewujudkan kepedulian terhadap lingkungan juga menumbuhkan rasa gotong royong sesama manusia.
NB : Terakhir untuk mengakhiri acara KKN Kelompok 11 Universitas Myjen Sungkono Mojokerto di SMA Islam Brawija Mojokrto, Peserta KKN Beserta Dosen Pembimbing Lapangan melakukan upacara penutupan yang dipimpin oleh Ketua LPPM, sekaligus pemberian kenang kenangan secara simbolis kepada Kepala Sekolah SMA Islam Brawijaya Mojokerto.
NB : Foto siswa – siswi SMA Islam Brawijaya Mojokerto yang mendapatkan pengalaman dari mahasiswa KKN Kelompok 11, Foto mahasiswa peserta KKN Kelompok 11, Foto bersama Mahasiswa KKN Kelompok 11 besama siswa – siswi SMA Islam Brawijaya Mojokerto.
Penutupan KKN 19/12/21 : Penutupan KKN yang diikuti oleh seluruh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2021/2022 di halaman Universitas Mayjen Sungkono Kota Mojokerto, dilanjut oleh pengerjaan laporan oleh peserta KKN Kelompok 11.
Komentar
Posting Komentar