LAPORAN AKHIR KULIAH KERJA NYATA

 LAPORAN AKHIR

KULIAH KERJA NYATA










SMA ISLAM BRAWIJAYA

Jl.Surodinawan Kecamatan.Prajurit Kulon Kota Mojokerto




Disusun Oleh                : Kelompok 11

Dosen Pembimbing Lapangan :  Sugeng Eko Yuli Waluyo, SE,MM





UNIVERSITAS MAYJEN SUNGKONO 

MOJOKERTO

2021



LAPORAN AKHIR

KULIAH KERJA NYATA 



DI LINGKUNGAN

Sekolah : SMA Islam Brawijaya Mojokerto

Kecamatan : Prajurit Kulon

Kota : Mojokerto






Disusun Oleh : 



1

Didik Wudiarno

2018011122

12

Dwi Agustyas S

2018051099

2

Sukodiharjo

2018011125

13

Dwi Pratama P

2018051103

3

Dimas Bayu Ardi

2018011022

14

Dwi Retno Prayudati

2018051104

4

Dito Adi Prasetyo

2018011023

15

Eka Nur Avni O

2018051109

5

Dian Rohmiati

2018051087

16

Eka Septia Pratiwi

2018051110

6

Dias Aristia Balqis

2018051088

17

Eka Winda Astutik

2018051111

7

Dicky Akbar H

2018051089

18

Ella Deviana Putri

2018051114

8

Dicky Damara S

2018051090

19

Indah Mei M

2018071010

9

Dilla Agustiani

2018051091

20

Kiki Nur Alifah

2018071011

10

Dirga Pangestiaji

2018051095

21

Afridatus Su’udah K

2018041002

11

Diyah Tri Lestari

2018051096







UNIVERSITAS MAYJEN SUNGKONO

MOJOKERTO

2021/2022





HALAMAN PENGESAHAN


LAPORAN AKHIR KULIAH KERJA NYATA 2021


  1. Lokasi KKN Sekolah : SMA Islam Brawijaya

Alamat : Jl.Surodinawan Kecamatan.Prajurit Kulon Mojokerto

  1. Peserta KKN :


NO

NIM

NAMA

PRODI

1

2018011122

DIDIK WUDIARNO

ILMU HUKUM

2

2018011125

SUKODIHARJO

ILMU HUKUM

3

2018011022

DIMAS BAYU ARDI

ILMU HUKUM

4

2018011023

DITO ADI PRASETYO

ILMU HUKUM

5

2018051087

DIAN ROHMIATI

MANAJEMEN

6

2018051088

DIAS ARISTIA BALQIS

MANAJEMEN

7

2018051089

DICKY AKBAR HARIANTO

MANAJEMEN

8

2018051090

DICKY DAMARA SANJAYA

MANAJEMEN

9

2018051091

DILLA AGUSTYANI

MANAJEMEN

10

2018051095

DIRGA PANGESTIAJI

MANAJEMEN

11

2018051096

DIYAH TRI LESTARI

MANAJEMEN

12

2018051099

DWI AGUSTYAS SAPUTRI

MANAJEMEN

13

2018051103

DWI PRATAMA PUTRA

MANAJEMEN

14

2018051104

DWI RETNO PRAYUDATI

MANAJEMEN

15

2018051109

EKA AVNI OKTAMIA

MANAJEMEN

16

2018051110

EKA SEPTIA PRATIWI

MANAJEMEN

17

2018051111

EKA WINDA ASTUTIK

MANAJEMEN

18

2018051114

ELLA DEVIANA PUTRI

MANAJEMEN

19

2018071010

INDAH MEI MAYANGSARI

AKUNTANSI

20

2018071011

KIKI NUR ALIFAH

AKUNTANSI

21

2018041002

AFRIDATUS SU’UDIYAH  K.

PEND. BAHASA INGGRIS



  1. Dosen Pembimbing Lapangan: Sugeng Eko Yuli Waluyo, SE,MM

  2. Waktu Pelaksanaan : 18 Desember 2021







Mojokerto,         2021

Ketua Kelompok





Dimas Bayu Ardi  )

NIM : 2018011022







Mengetahui :

Kepala Sekolah





(Yogie Dana Insani, S.Si )



Dosen Pembimbing Lapangan





(Sugeng Eko Yuli Waluyo. SE., MM)

NIDN : 0731077801







Lembar Persetujuan


PERSETUJUAN

DOSEN PEMBIMBING LAPANGAN


Naskah laporan pelaksanaan KKN tahun 2021 yang bertempat di :

Nama Lokasi    : SMA Islam Brawijaya

Alamat            : Jl. Surodinawan, Mergelo, Surodinawan, Kec. Prajurit Kulon, Kota

                                            Mojokerto, Jawa Timur 61328

Kecamatan : Prajurit Kulon

Kota / Kab : Mojokerto

Waktu Pelaksanaan : Sabtu, 18 Desember 2021


Telah disetujui sesuai dengan petunjuk, karena itu kami menyetujui naskah tersebut diajukan kepada LPPM Universitas Mayjen Sungkono Sebagai bagian penyelesaian program KKN.



Mojokerto, 20 Desember 2021

        Ketua KKN Dosen Pembimbing Lapangan



Hascaria Budi P. S.H,.M.H Sugeng Eko Yuli Waluyo. SE., MM

NIDN.0719128905 NIDN.0731077801



Mengetahui

Kepala LPPM


Oktaviani Permatasari S.E.,M.M

NIDN.0704108105



KATA PENGANTAR


Syukur alhamdulillah kami panjatkan kehadirat Allah SWT, karena dengan taufik dan hidayahnya sehingga kami dapat menyelesaikan laporan akhir KKN ini sesuai dengan kegiatan yang telah dilalukan. Tak lupa pula kita sanjung sajikan shalawat dan salam kepada pangkuan nabi besar Muhammad SAW yang telah membawa kita dari alam kebodohan ke alam penuh ilmu pengetahuan sehingga kami dapat menyusun “Laporan Akhir KKN” ini dengan sedemikian rupa.


Tidak lupa kami ucapkan terima kasih kepada :

  1. Bapak Kolonel Infanteri Hadi Purnomo, selaku ketua umum Yayasan Pendidikan dan Sosial Mayjen Sungkono Mojokerto

  2. Bapak Dr. H. Hery Setiawan,S.H.M.SI selaku Rektor Universitas Mayjen Sungkono

  3. Bapak Ibu Dekan semua Fakultas di Universitas Mayjen Sungkono

  4. Bapak Sugeng Eko Yuli Waluyo, S.E., M.M selaku dosen pembimbing lapangan

  5. Bapak Kepala Sekolah SMA ISLAM BRAWIJAYA yang telah memberikan dukungan kepada kami selama KKN berlangsung sehingga kami dapat menyelesaikan program KKN dengan lancar.


Semoga laporan ini dapat bermanfaat, semoga memberikan pemahaman dan ilmu baru bagi kita semua. Mohon maaf jika ada kesalahan yang terdapat pada laporan ini karna sesungguhnya kesempurnaan hanya milik Allah SWT. 

Terimakasih kepada pihak yang telah melaksanakan dan mendukung kegiatan KKN ini, sehingga adanya laporan kegiatan akhir yang sederhana ini.


Mojokerto, 18 Desember 2021



Penyusun


DAFTAR ISI

COVER i

HALAMAN PENGESAHAN. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .ii

LEMBAR PERSETUJUAN. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .iv

KATA PENGANTAR. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . v

DAFTAR ISI. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .. . . . . . . vi

DAFTAR GAMBAR. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . vii

DAFTAR TABEL . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . viii

DAFTAR LAMPIRAN. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .iv

BAB I PROFIL LOKASI. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 1

  1. Demografi SMA Islam Brawijaya Mojokerto. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .1

  2. Sejarah Singkat Berdirinya SMA Islam Brawijaya Mojokerto. . . . . . . . . . . . .. 2

  3. Struktur Organisasi. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .4

  4. Potensi Sekolah. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .12

BAB II RUMUSAN MASALAH 16

BAB III KEGIATAN KKN 19

  1. Kegiatan Kuliah Kerja Nyata. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 19

  2. Rekapitulasi Kegiatan Kuliah Kerja Nyata. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 22

  3. Uraian Kegiatan Kuliah Kerja Nyata. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 23

  4. Capaian Kegiatan Kuliah Kerja Nyata. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 30

BAB IV PENUTUP. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 33

  1. Kesimpulan. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 33

  2. Saran. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 34

DAFTAR PUSTAKA. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 35

LAMPIRAN. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 36

DAFTAR GAMBAR


Gambar 1.1 Peta SMA Islam Brawijaya Mojokerto. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . i

Gambar 3.1 Foto Pembekalan KKN. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . i


DAFTAR TABEL

Tabel 3.1 Struktur Organisasi Sekolah. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . i

DAFTAR LAMPIRA

Lampiran 1. Daftar Pertanyaan. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . i

Lampiran 2. Peta SMA Islam  Brawijaya Mojokerto. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . i

Lampiran 1. Foto Dokumentasi Kegiatan KKN . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . i



BAB I

PROFIL LOKASI


  1. Demografi SMA Islam Brawijaya Mojokerto

SMA Islam Brawijaya adalah sekolah SMA swasta yang ada di Kota Mojokerto. SMA Islam Brawijaya Mojokerto  berada di Jl. Raya Surodinawan, Desa/Kelurahan Surodinawan, Kecamatan Prajuritkulon, Kota Mojokerto, Provinsi Jawa Timur 61328, dengan Nomor Statistik Sekolah 3005316101.

Gambar 1.1 Peta SMA Islam Brawijaya Mojokerto


Sumber : Google Maps

SMA Islam Brawijaya berdiri pada tahun 1978 dengan status bagunan sekolah milik sendiri dan status akreditasi Disamakan dengan surat keputusan 722/I04/PP/2004 TGL 9 Peb 2001, Penerbit SK a.n Dirjen Dikdasmen Kakanwil. Jarak lokasi sekolah  ke pusat kota 1 Km, jarak ke pusat otoda 3 Km. Terletak pada lintasan kota dengan jumlah keanggotaan rayon 11 sekolah. Organisasi Penyelenggara Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Sabilul Muttaqin Kota Mojokerto.

  1. Sejarah Singkat Berdirinya SMA Islam Brawijaya Mojokerto

SMA Islam Brawijaya adalah sekolah SMA swasta yang ada di Kota Mojokerto. SMA Islam Brawijaya berada di Kecamatan Prajuritkulon Kota Mojokerto. SMA Islam Brawijaya Mojokerto berdiri tahun 1978 berdasarkan Akta Notaris yang ada. Semula lokasi sekolah berada di Jalan Brawijaya No. 99 Kota Mojokerto. Sejak berdirinya sampai tahun 1997, siswa masuk pagi dan sore, karena pagi dipakai juga oleh SMP Islam Brawijaya. Pengembangan gedung sekolah terus dilakukan, termasuk pembelian tanah yang ada di wilayah Kelurahan Surodinawan Kecamatan Prajurit kulon. Pembangunan gedung dilakukan diatas tanah yang dibeli. begitu ruang kelas sudah didirikan, maka berangsur siswa dipindahkan ke gedung yang baru. Tahun 1997 seluruh kegiatan belajar mengajar dipindahkan ke gedung sekolah yang baru di Jalan Surodinawan Kecamatan Prajuritkulon Kota Mojokerto dan seluruh siswa masuk pagi sampai sekarang. 

Untuk pengakuan kelayakan penyelenggaraan pendidikan dari Dinas P&K Provinsi Jawa Timur atas SMA Islam Brawijaya telah meraih Status Akreditasi masuk katagori Status DISAMAKAN dari tahun pelajaran 1992-1993 sampai dengan tahun pelajaran 2006-2007. Selanjutnya ketika dilaksanakan akreditasi ulang telah mampu mempertahankan status Akreditasi yang terhormat bagi sekolah swasta dengan status TERAKREDITASI A. Untuk menambah keunggulan sekolah mulai tahun 2008 SMA Islam Brawijaya telah memiliki kelayakan sebagai Sekolah RINTISAN SEKOLAH STANDAR NASIOANAL (RSSN), selanjutnya yang sedang menjadi harapan bagi sekolah adalah meraih Rintisan Sekolah Berbasis Internasional.

SMA Islam Brawijaya Kota Mojokerto dibawah naungan Yayasan Pondok Pesantren dan Pendidkan Ma’arif Sabilul Muttaqin, yang meliputi :

a. Pondok Pesantren Sabilul Muttaqin

b. SMA Islam Brawijaya Kota Mojokerto

c. SMP Islam Brawijaya Kota Mojokerto

d. Madrasah Tsanawiyah Brawijaya Kota Mojokerto

Berdirinya SMA Islam Brawijaya Kota Mojokerto, tidak lepas dari peran utama dari seorang Kyai Kharismatik yaitu KH Achyat Chalimy, beliau adalah Pengasuh Pondok Pesantren Sabilul Muttaqin, tapi memiliki kepedulian yang kuat terhadap masalah yang berkembang di masyarakat, terutama bidang pendidikan, kemiskinan dan kesehatan. Obsesi beliau diwujudkan dalam bentuk gerakan bersama tokoh masyarakat, para aghniya’ para santrinya. Dan atas berkat Rahmat Allah SWT. Telah mampu mendirikan beberapa lembaga yaitu :

  1. Bidang Pendidikan, telah didirikan Mualimin Mualimat yang kemudian dilegitimasi secara yuridis formal menjadi Madrasah Tsanawiyah Kota Mojokerto di bawah naungan Departeman Agama. kemudian juga mendirikan lembaga Pendidikan tingkat pertama dan atas SMP dan SMA Islam Brawijaya Kota Mojokerto.

  2. Bidang Sosial, telah didirikan sebuah yayasan yang menampung anak yatim piatu yaitu Yayasan Penampungan Anak Yatim ( YPAY) Al Ikhlas di Kota Mojokerto

Bidang Kesehatan, telah didirikan sebuah rumah sakit dengan bekerja sama dengan seluruh elemen masyarakat dan para simpatisan berdirilah sebuah Rumah Sakit Islam Sakinah.


  1. Struktur Organisasi 

    1. Struktur Organisasi SMA Islam Brawijaya Mojokerto

Tabel 3.1 Struktur Organisasi SMA Islam Brawijaya Mojokero


Keterangan :

  1. Kepala Sekolah : Yogie Dana Insani,S.Si

Kepala Sekolah bertanggung jawab atas penyelenggaraan kegiatan pendidikan, administrasi sekolah, pembinaan tenaga kependidikan lainnya, dan pendayagunaan serta pemeliharaan sarana dan prasarana. 

Kepala Sekolah sebagai pemimpin harus mampu:

  1. Mendorong timbulnya kemauan yang kuat dengan penuh semangat dan percaya diri para guru, staf dan siswa dalam melaksanakan tugas masing-masing

  2. Memberikan bimbingan dan mengarahkan para guru, staf dan para siswa serta memberikan dorongan memacu dan berdiri di depan demi kemajuan dan memberikan inspirasi sekolah dalam mencapai tujuan (Wahjosumidjo, 2005: 105)

  3. Sehingga disimpulkan Tugas Kepala Sekolah yaitu sebagai edukator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator, motivator, figur dan mediator.

  1. Kepala Tata Usaha: M. Shofiyuddin S.Kom

Tugas pokok dan fungsi Kepala Tata Usaha bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dalam kegiatan:

  1. Penyusunan program kerja tata usaha sekolah.

  2. Pengelolaan dan pengarsipan surat-surat masuk dan keluar.

  3. Pengurusan dan pelaksanaan administrasi sekolah.

  4. Pembinaan dan pengembangan karir pegawai tata usaha sekolah.

  5. Penyusunan administrasi sekolah meliputi kurikulum, kesiswaan dan ketenagaan.

  6. Penyusunan dan penyajian data/statistik sekolah secara keseluruhan.

  7. Penyusunan tugas staf Tata Usaha dan tenaga teknis lainnya.

  8. Mengkoordinasikan dan melaksanakan 9 K.

  9. Penyusunan laporan pelaksanaan secara berkala.



  1. Wakasek Kurikulum: Nur Khodijah S.Pd

Wakasek Kurikulum memiliki tugas pokok dan fungsi sebagai berikut:

  1. Menyusun dan menjabarkan kalender pendidikan.

  2. Menyusun pembagian tugas guru dan jadwal pelajaran.

  3. Mengatur penyusunan progam pembelajaran (program-program satuan pembelajaran, dan persiapan mengajar, penjabaran dan penyesuaian kurikulum.

  4. Mengatur pelaksanaan kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler.

  5. Mengatur pelaksanaan program penilaian, kriteria kenaikan kelas, kriteria kelulusan dan laporan kemajuan belajar siswa, serta pembagian rapor dan STTB.

  6. Mengatur pelaksanaan program perbaikan dan pengayaan.

  7. Mengatur pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar.

  8. Mengatur pengembangan MGMP dan koordinator mata pelajaran.

  9. Mengatur mutasi siswa.

  10. Melakukan supervisi administrasi dan akademis.

  11. Menyusun laporan.

  1. Wakasek Kesiswaan: A Hakam S.Ag

Wakasek Kesiswaan memiliki tugas dan fungsi sebagai berikut :

  1. Mengatur dan mengkoordinasikan pelaksanaan 7K (keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, kekeluargaan, kesehatan, dan kerindangan).

  2. Mengatur dan membina program kegiatan OSIS meliputi Kepramukaan, Palang Merah Remaja (PMR), Kelompok Ilmiah remaja (KIR), Usaha Kesehatan sekolah (UKS), Patroli Keamanan Sekolah (PKS), dan lain-lain.

  3. Membina pengurus OSIS dalam berorganisasi.

  4. Mengadakan pemilihan siswa untuk mewakili sekolah dalam kegiatan di luar sekolah.

  5. Mengatur mutasi siswa.

  6. Mengatur program pengembangan diri.

  7. Mengatur program pesantren kilat/kegiatan amaliah ramadhan.

  8. Menyelenggarakan porseni antar kelas.

  9. Menyusun dan mengatur pelaksanaan pemilihan siswa berprestasi.

  10. Menyeleksi calon untuk diusulkan mendapat beasiswa.

  11. Membuat Menyusun dan membuat kepanitiaan penerimaan siswa baru dan pelaksanaan MOPD.

  12. laporan kegiatan kesiswaan secara berkala.

  1. Wakasek Sarpras: Drs. H. Moch Mujib MM

Wakasek Sarana Prasarana mempunyai tugas pokok dan fungsi sebagai berikut :

  1. Merencanakan kebutuhan sarana prasarana untuk menunjang proses belajar mengajar

  2. Merencanakan program pengadaannya

  3. Mengatur pemanfaatan sarana dan prasarana

  4. Mengelola perawatan, perbaikan dan pengisian

  5. Mengatur pembukuannya

  6. Menyusun laporan.

  1. Wakasek Humas: Ima Ihwayuni S.Pd

Waka Hubungan Masyarakat memiliki tugas pokok dan fungsi sebagai berikut :

  1. Mengatur dan mengembangkan hubungan dengan Komite Sekolah dan peran Komite Sekolah

  2. Membina hubungan antara sekolah dengan orang tua/wali murid

  3. Menjalin hubungan dengan lembaga/instansi terkait dalam rangka pengembangan sekolah.

  4. Koordinasi dengan semua staf untuk kelancaran kegiatan sekolah

  5. Menyelenggarakan bakti sosial, karya wisata

  6. Menyelenggarakan pameran hasil pendidikan di sekolah (gebyar pendidikan)

  7. Mewakili Kepala Sekolah apabila berhalangan untuk menghadiri rapat masalah yang bersifat umum

  8. Membuat laporan kegiatan secara berkala.

  1. BP/BK: Drs. M Machfud

Tugas Dan Tanggungjawab Guru Bimbingan konseling (BK) sebagai berikut: 

  1. Melakukan studi kelayakan dan needs assessment pelayanan bimbingan dan konseling.

  2. Menyusun dan melaksanakan program bimbingan dan konseling yang meliputi waktu kegiatan, metode bimbingan konseling, serta pengolahan data hasil bimbingan dan konseling. Program bimbingan dan konseling dilaksanakan untuk satuan‐satuan waktu tertentu. Program‐program tersebut dikemas dalam program harian/mingguan, bulanan, semesteran, dan tahunan.

  3.  Melaksanakan program pelayanan bimbingan dan konseling.

  4. Menilai proses dan hasil pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling.

  5. Menganalisis hasil penilaian pelayanan bimbingan dan konseling.

  6. Melaksanakan tindak lanjut berdasarkan hasil penilaian pelayanan bimbingan dan konseling.

  7. Mempersiapkan diri, menerima dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan kepengawasan oleh Pengawas Sekolah/Madrasah Bidang Bimbingan dan Konseling.

  8. Berkolaborasi dengan guru mata pelajaran dan wali kelas serta pihak terkait dalam pelaksanaan program bimbingan dan konseling.

  9. Mengadakan koordinasi dengan wali kelas, guru bidang studi dan ketua jurusan serta urusan kesiswaan dalam rangka pembinaan siswa dan orangtua wali murid.

  10. Bersama wali kelas dam kesiswaan dalam menangani kesiswaan yang berkaitan secara psikis dengan kenakalan siswa, penyimpangan disiplin dan gangguan belajar.

  11. Mengembangkan potensi siswa sesuai dengan bakat dan minat siswa.

  12. Mengembangkan potensi siswa dalam pengenalan lingkungan dan dunai kerja.

  13. Memberikan bimbingan dan konseling kepada siswa secara individu yang berkaitan dengan hambatan hidup, latar belakang sosial, pengaruh lingkungan, kesukaran belajar dan sebagainya.

  14. Mengadministrasikan kegiatan program pelayanan bimbingan dan konseling yang dilaksanakannya.

  15. Mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas dalam pelayanan bimbingan dan konseling secara menyeluruh kepada Koordinator Bimbingan dan Konseling serta Kepala Sekolah/Madrasah.

  16. Membuat laporan berkala kepada kepala sekolah.


  1. Visi dan Misi SMA Islam Brawijaya Mojokerto

Kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di sekolah/madrasah. Sekolah/Madrasah sebagai unit penyelenggara pendidikan juga harus memperhatikan perkembangan dan tantangan masa depan. Perkembangan dan tantangan itu misalnya menyangkut : 

  1. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, 

  2. Globalisasi yang memungkinkan sangat cepatnya arus perubahan dan mobilitas antar dan lintas sector serta tempat, 

  3. Era informasi, 

  4. Pengaruh globalisasi terhadap perubahan perilaku dan moral manusia, 

  5. Berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan, dan 

  6. Era perdagangan bebas.

Tantangan sekaligus peluang itu harus direspon oleh sekolah SMA Islam Brawijaya, sehingga visi sekolah diharapkan sesuai dengan arah perkembangan tersebut. Visi tidak lain merupakan citra moral yang menggambarkan profit sekolah yang diinginkan di masa datang. Namun demikian, visi sekolah harus tetap dalam koridor kebijakan pendidikan nasional. Visi juga harus memperhatikan dan mepertimbangkan :

  1. Potensi yang dimiliki sekolah/madrasah, 

  2. Harapan masyarakat yang dilayani sekolah/madrasah. Dalam merumuskan visi, pihak-pihak yang terkait (stakeholders) bermusyawarah, sehingga visi sekolah mewakili aspirasi berbagai kelompok yang terkait, sehinggga seluruh kelompok yang terkait (guru, karyawan, siswa, orang tua, masyarakat, pemerintah) bersama-sama berperan aktif untuk mewujudkannya. Visi pada umumnya dirumuskan dengan kalimat : 

(1) Filosofis, (2) Khas, (3) Mudah diingat. 

Berikut ini merupakan visi dan misi yang dirumuskan oleh sekolah SMA Islam Brawijaya :

  1. Visi SMA Islam Brawijaya

Visi SMA Islam Brawijaya Mojokerto.“ J U S D E L I M A “ Yaitu singkatan dari:

Ju : Jujur

S : Sains

De : Demokratis

Li : Life Skill

Ma : Martabat

Dengan visi tersebut diharapkan agar semua komponen sekolah, baik guru, karyawan dan siswa mempunyai sifat yang jujur dalam menjalankan amanah di manapun berada, menguasai sains dan teknologi sesuai perkembangan jaman, memiliki sikap demokratis dalam berorganisasi baik di sekolah maupun di masyarakat, memiliki kecakapan hidup (life skill) dan menjaga martabat sebagai manusia yang mengemban tugas “Rahmatan Lil Alamin” (Memberikan manfaat bagi manusia, tumbuhan, hewan, semua makhluk di bumi).

  1. Misi SMA Islam Brawijaya Mojokerto

  1. Mengembangkan dan menumbuhkan martabat yang bersumber atas perilaku beragama bagi siswa dengan prinsip menjaga dan melestarikan nilai-nilai lama yang baik serta menerima dan mencipta nilai-nilai baru yang lebih baik.

  2. Memberikan bekal ilmu yang cukup bagi siswa.

  3. Menumbuh kembangkan minat, bakat siswa yang berorientasi pada life skil yang  mampu menjembatani siswa dalam menghadapi persaingan di masyarakat.

  4. Mendorong dan memotivasi siswa untuk berlaku jujur dan demokratis dalam  kehidupan sehari-hari. 


  1. Tujuan dari SMA Islam Brawijaya Mojokerto

SMA Islam Brawijaya memiliki tujuan yang terdiri dari tujuan jangka pendek dan jangka panjang, adapun penjelasannya sebagai berikut:

  1. Tujuan Jangka Pendek ( 2009-2010)

  1. Meningkatkan disiplin siswa hingga mencapai 100% siswa.

  2. Meningkatkan kualitas akhlak siswa melalui kegiatan rutin dan incidental 100%.

  3. Menargetkan kelulusan siswa 100%.

  4. Memberikan bekal ketrampilan praktis bagi siswa dengan pencapaian 100%.

  1. Tujuan jangka Panjang

  1. Meningkatkan kualitas siswa di bidang perilaku beragama yang mengedepankan pembentukan karakter moral yang berahlakul karimah. 

  2. Meningkatkan prestasi akademik bagi siswa dengan penerapan proses belaja  mengajar yang efektif. 

  3. Penerapan dan peningkatan disiplin siswa. 

  4. Pemahaman diri bagi siswa dalam menggali potensi yang dimiliki dengan pendekatan Bimbingan dan Konseling. 

  5. Mengembangkan life skill siswa dengan berbagai kegiatan ekstra seperti (Iptek,Imtak Olahraga, Seni dan Keterampilan terapan). 

  6. Memberikan motivasi dan kesadaran sebagai sosial yang bermasyarakat  khususnya dalam demokrasi dan kejujuran. 

  7. Mencetak siswa sebagai kader yang memiliki kepedulian lingkungan dan kepekaan sosial serta mampu berkompetitif pada komunitas yang ada.

  8. Memerantarakan hak tarbiyah islamiyah bagi kalangan dhu’afa dengan memaksimalkan kepedulian aghniya’.

  9. Memerantarakan cita-cita generasi robbani yang terbiasa dengan ikhyaaus sunnah. Dan Memerantarakan cita-cita persaudaraan umat islam yang selaras dengan semangat ( QS 6 :152 dan QS. 4 : 59 )

  1. Potensi Sekolahan 

    1. Potensi SMA Islam Brawijaya Mojokerto

Potensi yang dimiliki SMA Islam Brawijaya adalah sekolah berbasis islam dan memiliki keunggulan lebih. Yang menawarkan Beberapa keunggulan mulai dari sarana dan prasarana, program unggulan dan ekstrakulikuler. Pelajaran agama yang lebih intensif, dan dilatih berakhlaqul karimah. Salah satu alasan yang penting dari memilih sekolah berbasis islami adalah adanya pelatihan tingkah laku dan budi pekerti menurut tuntutan agama. 

SMA Islam Brawijaya juga memiliki lokasi yang strategis, dimana letaknya berada di lintas kota. Tanah seluas kurang lebih 1,5 H, dan setengah dari tanah yang dimiliki telah didirikan bangunan untuk memfasilitasi penyelenggaraan pendidikan. Gedung yang ditempati sejak tahun 2007, telah mengalami pengembangan yang signifikan, disamping sarana untuk bisa olahraga, sarana-sarana lain juga dikembangkan, misalnya, gedung yang didirikan telah dilengkapi dengan pagar keliling, yang selama 24 jam telah dijaga oleh petugas SATPAM secara bergantian. Dibagian depan sekolah telah dibangun taman memanjang dari batas tanah bagian utara sampai selatan, taman dibangun dengan maksud agar nampak keasrian lingkungan setiap orang memandang, diareal bagian dalam telah ditanam berbagi jenis tanaman yang membuat lingkungan dalam keadaan yang rindang, masing-masing kelas bagian depan juga dibangun taman kelas, sirkulasi udara dalam kelas lebih dari cukup, dan jauh dari kebisingan suara kendaraan bermotor, sehingga kenyamanan proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik Sarana ibadah juga disediakan dengan menyediakan tempat musollah seukuran masjid, yang dapat menampung kurang lebih 400 orang, bagian lantai satu untuk putra dan lantai dua untuk putri sholat dhuha dilaksanakan sebelum jam pelajaran dimulai dan sholat dhuhur berjamaah sebelum pulang sekolah.

Pelayanan terhadap perut dan tenggorokan, disediakan dua tempat, satu sebuah ruang untuk memenuhi peralatan sekolah dan camilan yang sehat, sedang satunya lagi diluar ruang telah disediakan sebuah warung yang menyediakan makan untuk sarapan dan minuman dengan harga sangat murah tapi sehat dan satu lagi PKL pedagang bakso dan bagi pelanggan dapat ambil sendiri porsi yang diinginkan. Bagi siswa yang sakit telah disediakan tempat penampungan di ruang UKS yang memiliki dua kamar, serta disediakan obat-obatan sebagai langkah pertolongan pertama. Sekolah juga menyediakan buku rujukan kesehatan untuk perikasa kesehatan di puskesmas terdekat. Untuk melatih siswa dalam berorganisasi sekolah menyediakan satu ruang OSIS. jika ada kegiatan sekolah, pengurus OSIS selalu siap membantu kegiatan yang diselenggarakan dan biasanya selalu tampil didepan dalam setiap kegiatan, ruang OSIS jadi ramai dikunjungi. Dengan luasnya tanah yang tersisa, sekolah menanam tanaman produktif seperti puluhan pohon mangga, pisang dan lain-lain di tepat lahan yang belum didirikan bangunan gedung, jadi sekolah memeliki kebun produktif yang setiap kali panen akan dimakan bersama-sama. Dalam interaksi sosial komunitas antara kepala sekolah, guru karyawan dan masyarakat sekitar berlangsung hubungan yang familier, semua komponen duduk sama rendah berdiri sama tinggi. Hal ini jarang dalam komunitas sekolah lain. 

Dalam soal kerohanian agama, sekolah telah memiliki pakar ilmu agama yang terdiri dari para kyai dan ustadz yang memiliki pengetahuan agama yang tinggi. Bagi siswa yang rumahnya diluar kota dan atau yang memiliki niat memperdalam pengetahuan agama, sekolah bekerja sama dengan beberapa pondok pesantren seperti :

  1. PP Sabilul Muttaqin, alamat Jl. KH Wakhid Hasyim 1.5 km dari lokasi sekolah. Pondok Pesantren ini tempat bermukimnya KH Achyat Chalimy, pendiri SMA Islam Brawijaya, sekarang di asuh oleh KH M Muthoharun sebagai Ketua Dewan YP3M Sabilul Muttaqin yang membawahi SMA Islam Brawijaya ( menampung santri putra dan putri )

  2. PP Al Khodijah, alamat Jl. Raya Surodinawan 75 m dari lokasi sekolah, di asuh oleh KH Abd Aziz ( dominan untuk santri putri )

  3. PP Nurul Huda, alamat Jl. KH Usman, 100 m dari lokasi sekolah, diasuh oleh KH. Faqih Usman ( dominan untuk santri putra ).


  1. Prestasi yang diraih SMA Islam Brawiyaja Mojokerto

Dalam keikutsertaan berbagai lomba/pertandingan, SMA Islam Brawijaya Kota Mojokerto, baik cabang olah raga maupun cabang seni tidak ketinggalan dalam merebutkan juara yang dilombakan atau dipertandingkan, terbukti dengan prestasi yang diraih oleh tim olah raga sekolah. Seperti daftar perolehan piala penghargaan dari tahun ke tahun berikut ini: 

Daftar piala yang diperoleh SMA Islam Brawijaya Mojokerto

  1. Drum Band 1984 I PDBI Kabupaten/Kota Mojokerto Pada Rampak

  2. Volley Ball 1985 II ABRI Tim

  3. Volley Ball 1985 III Dinas P dan K Kota Tim

  4. Vestifal Tari Tradisional 1987 III Dinas P dan K Kota Putri

  5. Karnaval Pembangunan 1989 I Pemkot Mojokerto Tim

  6. Parade Drum Band 1991 I Pemkot Mojokerto Paramanandi

  7. SKJ'88 1991 III Pemkot Mojokerto Tim

  8. Mengarang Keagamaan 1991 I Pemkot Mojokerto Tim

  9. Program Infistasi OR 1991 II Pemkot Mojokerto Tim

  10. Drum Band 1992 I POLRES Paramanandi

  11. Atletik 1994 I KONI Propinsi Jatim Lari 400 m

  12. Bahana Swara Pelajar III 1994 III Dewan Kesenian Kota Drama

  13. Volley Ball 1994 II Pemkot Mojokerto Putra

  14. Lomba Pidato 1997 III HUT DEPAG ke 51 Se-Kota

  15. Drum Band 1997 III Pemkot Mojokerto Kirap

  16. Lomba Pidato P4 1997 II Pemkot Mojokerto Putra

  17. Lomba MTQ/ Pidato 1997 III Depag Kota Mojokerto Putra

  18. Tenis Meja 1999 II Pemkot Mojokerto Putra

  19. Tenis Meja 2000 III IKIP PGRI Putra

  20. Samroh Tk.SLTA 2002 III Pemkot Mojokerto Pekan Seni

  21. Basket 2002 II Mentari Brawijaya Putra

  22. Basket 3 on 3 2002 II PERBASI Kota Tim 

  23. Basket 2002 I Pemkot Mojokerto Wali Kota Cip

  24. Basket 2003 I Senat Undar Jombang Tim

  25. Terbang Jidor 2003 Hrp.II Wisata Desa Tim

  26. Seni Menulis Puisi 2004 III Pemkot Mojokerto MURI

  27. Basket 2004 I PERBASI Kota Putra

  28. Lomba Sains 2004 II Pemkot Mojokerto Putra

  29. Lomba Sains Computer 2004 II Pemkot Mojokerto Putra 

  30. Basket 2004 I Taruna Jaya Putra

  31. Gerak Jalan 2004 II Pemkot Mojokerto Putri

  32. Samroh 2004 I Pemkot Mojokerto Pekan Seni

  33. Basket 2004 II Rajawali Cup Putra

  34. Basket 2004 I Rajawali Cup Putra

  35. Basket 2004 II Rajawali Cup Putra

  36. Basket 2004 II Rajawali Cup Putra

  37. Basket 2005 III Taruna Jaya Putra

  38. Gerak Jalan 17 Km 2005 II Pemkot Mojokerto Putri

  39. Basket 2005 I UNDAR Jombang Putra

  40. Basket 2006 III Taruna Jaya Putra

  41. Pemilihan Gus dan Yuk 2007 Finalis Pemkot Mojokerto Gus

  42. Teater Bhs. Inggris 2007 I UNESA Tim

 

BAB II

RUMUSAN MASALAH

Dalam rangka pelaksanaan perwujudan dari Tridharma perguruan tinggi Universitas Mayjen Sungkono Mojokerto yang mana telah diamanatkan didalam Undang – Undang Nomor 12 Tahun 2021 tentang Pendidikan Tinggi maka, Universitas Mayjen Sungkono menyelengarakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Islam Brawijaya. 

KKN adalah kegiatan akademik yang wajib diikuti oleh Mahasiswa Universitas Mayjen Sungkono yang telah memenuhi persyaratan dengan melaksanakan kegiatan terpadu pendidikan , penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Implementasi KKN yaitu menerjunkan Mahasiswa ke lapangan untuk melakukan serangkaian kegiatan berupa pengabdian kepada masyarakat dengan dilakukan pendampingan oleh Dosen Pendamping Lapangan. Melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), Mahasiswa diharapkan mampu untuk mengenal lingkungan masyarakat secara langasung dengan segala permasalahan yang terjadi dan mencari alternatif solusi permasalahan. Melalui kegiatan ini pula, diharapkan dapat menjadi jembatan bagi mahasiswa manuju ke dunia kerja yang cakupannya lebih luas untuk menerapkan hasil belajar di bangku kuliah. 

Meskipun pada tahun 2021, kita semua tahu bawasannya pandemi covid-19 masih ada, namun kegiatan KKN tetap dilaksanakan dengan memenuhi protokol kesehatan, sebab di Kota Mojokerto sendiri sudah ada surat edaran terkait penurunan angka kematian atas covid-19, hal ini tentunya juga berdampak pada penurunan level pada PPKM di tingkat Kota. Namun tetap juga harus dijaga ketat protokol kesehatan, agar senantiasa terhindar dari wabah tersebut. 

Terkait atas hal tersebut, maka KKN tetap menjadi penting sebab ada pesan yang harus disampaikan terhadap masyarakat khususnya generasi muda terhadap pentingnya untuk tetap berkarya dan bangkit dari covid-19, meskipun dalam hal perekonomian bangsa masih mengalami ketidakstabilan. Tentunya masih ada harapan baik dalam menyongsong dinamika yang ada di Negara Indonesia ini. 

Pentinganya membangun kesadaran dalam diri untuk bangkit dalam situasi yang sulit bagi generasi penerus bangsa, terutama juga kaitannya dengan ketahanan Negara. Tidak dapat dipungkiri bahwasannya ketahanan negara adalah sebuah konsep yang harus dapat dipertahankan bersama yang mana didalamnya terdapat pesan damai terutama dalam konsep Pentingnya Serifikasi Halah  Dalam Usaha Makanan terutama dalam agama dan pendidikan. 

Kegiatan perekonomian tentunya tidak terlepas dari perkembangan dan kemajuan suatu produk. Sebagai seorang muslim yang tinggal di negara mayoritas muslim tentunya perlu memperhatikan kehalalan suatu produk, dengan berkembangnya teknologi dapat mendorong terciptanya produk-produk baru, yang membuat kita harus lebih selektif lagi dalam memilih produk halal yang sesuai dengan syariat Islam.

Sebagai negara dengan penduduk Muslim mayoritas, Indonesia memang memiliki aturan tersendiri tentang barang halal. Pentingnya sertifikasi halal ini bahkan menjadi salah satu syarat untuk beberapa produk, terutama industri makanan. Sertifikasi halal ini menjadi bukti jika produk makanan tersebut tidak mengandung bahan-bahan yang dilarang dalam ajaran Islam. Di Indonesia, sertifikasi halal sendiri dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Pada praktiknya, sertifikasi halal ini menjadi penting karena banyak orang yang beranggapan jika barang yang halal memiliki lebih banyak manfaat. Baik bagi produsen maupun bagi konsumen.  Sertifikat halal ini juga menjadi jaminan tentang mutu dan kualitas dari produk tersebut. Secara aturan, di Indonesia sendiri hanya Majelis Ulama Indonesia yang berhak mengeluarkan sertifikat halal ini.

Untuk beberapa hal, ketentuan sertifikasi halal ini juga menjadi aturan untuk sebuah produk bisa dijual atau tidak. Ketentuan halal ini juga menjadi penting terutama untuk produk yang memiliki target pasar umat Islam. Sertifikasi halal ini juga bisa menjadi semacam jaminan jika produk tersebut aman dan tidak mengandung bahan yang berbahaya. Penggunaan sertifikasi halal juga kini tidak hanya berfokus pada industri makanan. Sudah banyak bahan dan produk lain yang juga turut serta dalam sertifikasi halal ini. Hal tersebut juga bertujuan untuk memberikan jaminan jika produk yang mereka buat aman untuk digunakan.

Terutama dalam hal berbisnis perlu diketahui bahwa banyak negara yanga menerapkan standard tertentu agar perusahaan dapat merambah pasarnya. Standard juga termasuk setifikasi, misalnya misalnya berbentuk sertifikat ISO dan tidak terkecuali sertifikat halal. Dengan adanya sertifikat halal bagi usaha, maka akan memudahkan usaha untuk merambah pasar lokal, nasional dan global terutama pada produk halal. Ini merupakan potensi tersendiri mengingat pemeluk agama islam juga cukup banyak didunia. 

Kegiatan sosialisasi dan penyuluhan ini mengajarkan kepada siswa siswi di SMA Islam Brawijaya untuk memahami kegiatan Ketahanan Nasioanal mengenai Pentingnya Sertifikasi Halal Dalam Usaha Makanan. Dalam kegiatan sosialisasi dan penyuluhan kita akan mendapatkan banyak pelajaran, terutama pada lingkungan masyarakat. Oleh karena itu untuk program kerja KKN tahun ini membuat kegiatan sosialisasi dan penyuluhan yang dilaksanakan bersama siswa siswi di SMA Islam Brawijaya di Kota Mojokerto pada tanggal 18 Desember 2021. Dengan jumlah siswa 30 orang kelas X IPA dan IPS terdiri dari 14 perempuan dan 16 laki-laki. Kelompok sasaran dari kegiatan sosialisasi dan penyuluhan siswa siswi kelas X IPA dan IPS di SMA Islam Brawijaya. Tujuan kegiatan sosialisasi dan penyuluhan ini untuk memahami kegiatan Ketahanan Nasioanal mengenai Pentingnya Sertikasi Halal Dalam Usaha Makanan. Disamping itu juga untuk menjaga hubungan baik dan silaturahmi antara mahasiswa perguruan tinggi Universitas Mayjen Sungkono dengan siswa siswi SMA Islam Brawijaya. 

Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini siswa dan siswi SMA Islam Brawijaya Mojokerto dapat memahami bagaimana pentingnya sertifikasi halal dalam usaha makanan untuk menunjang ketahanan ekonomi, kemudian bagaimana efektifitas sosialisai dengan tema tersebut , dan kami mahasiswa – mahasiswi peserta KKN Kelompok 11 dapat mengevaluasi tentang pemahaman siswa dan siswi SMA Islam Brawijaya Mojokerto dalam memahami pentingnya sertifikasi halal dalam usaha makanan untuk menunjang ketahanan ekonomi.


BAB III

KEGIATAN KKN


  1. Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN)

KKN (Kuliah Kerja Nyata) adalah mata kuliah yang berbentuk praktik  penguasaan keilmuan di perusahaan/institusi lain yang memiliki keterkaitan antara keilmuan dan/atau keprofesian dengan latar belakang program pendidikan mahasiswa. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa dari semua fakultas yang ada di Universitas Mayjen Sungkono secara serentak dalam kurun waktu tertentu.    Ada 5 Lokasi objek KKN diantaranya ada di SMAN 1 Kota Mojokerto, SMPN 5 Kota Mojokerto, SMP Al-Qur’an AN NAWAWIY, SMA Islam Brawijaya dan Desa Balongmojo Kec.Puri Kab. Mojokerto. Untuk kelompok 11 mendapat lokasi di  Sekolah Menengah Atas (SMA) Islam Brawijaya dengan tujuan untuk berbagi ilmu pengetahuan kepada siswa siswi sesuai dengan bidang ilmu masing-masing dengan mensosialisasikan “Pentingnya Sertifikasi Halal Dalam Usaha Makanan Untuk Ketahanan Ekonomi” . Kegiatan KKN ini dilaksanakan 3  hari. Dalam implementasinya kegiatan KKN yang dilaksanakan oleh Universitas Mayjen Sungkono pelaksanaan KKN  dilakukan oleh semua fakultas dan dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari masing-masing fakultas yang ada di Universitas Mayjen Sungkono dengan harapan pelaksanaannya akan melebihi dengan kompetensi yang dimiliki oleh masing-masing fakultas. 

Dalam upaya mengevaluasi hasil yang diperoleh mahasiswa setelah menempuh program KKN, maka mahasiswa diwajibkan untuk menyusun proposal dan laporan KKN. Keseragaman dalam menyusun proposal maupun laporan KKN dinilai penting sebab tidak saja memudahkan dan mempercepat penulisan dan pembimbingan tetapi juga dapat menggambarkan hasil yang akan diperoleh mahasiswa selama menjalani proses KKN. Untuk itu, diperlukan buku pedoman KKN yang menjadi pedoman bersama bagi dosen pembimbing KKN dan mahasiswa yang menempuh KKN. Melalui buku pedoman ini diharapkan mahasiswa dapat melaksanakan aktifitasnya secara efektif sehingga manfaat yang diperoleh benar-benar dapat meningkatkan kompetensinya.

3.1.1 Tujuan KKN

Tujuan yang ingin dicapai dari pelaksanaan program KKN meliputi:

  1. Meningkatkan kompetensi praktek agar sesuai dengan kebutuhan pengguna dan siap memasuki pasar kerja maupun dunia usaha.

  2. Memberikan tambahan keahlian mahasiswa dalam memecahkan masalah di dunia kerja maupun di dunia usaha.

  3. Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam beradaptasi dengan masyarakat.

  4. Meningkatkan kepedulian terhadap permasalahan yang ada di masyarakat dan menemukan solusi permasalahan tersebut. 

3.1.2 Manfaat KKN adalah:

A. Bagi Mahasiswa

  1. Dapat meningkatkan kecerdasan emosional dan intelektual.

  2. Dapat menerapkan pengetahuan teoritis yang diperoleh di program pendidikan dalam berbagai kasus riil di dunia kerja maupun dunia usaha.

  3. Menumbuh-kembangkan rasa percaya diri dalam menjalani kehidupan bermasyarakat.

  1. Bagi Perusahaan/ Instansi/ Masyarakat

  1. Dapat melaksanakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan/ lembaga kepada masyarakat.

  2. Memperoleh sumbangan pemikiran dan tenaga dalam rangka meningkatkan kinerja perusahaan/ lembaga dan masyarakat.

  3. Sebagai sarana membangun jaringan kerjasama untuk memperoleh  tenaga kerja potensial


  1. Bagi Jurusan

  1. Memperluas jaringan kerjasama dengan berbagai perusahaan/lembaga dan pelaku usaha.

  2. Meningkatkan relevansi kurikulum berbagai program pendidikan di Universitas Mayjen Sungkono dengan dunia kerja dan dunia usaha.

  3. Meningkatkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

  1. Bagi Dosen Pembimbing

  1. Memperoleh pengetahuan dan pemahaman tentang berbagai praktik di dunia kerja dan dunia usaha.

  2. Meningkatkan jaringan kerjasama dengan dunia kerja dan dunia usaha


  1. Rekapitulasi Kegiatan


Tanggal

Waktu

Rincian Kegiatan

Senin, 13 Desember 2021

18.00-20.30

Pembekalan KKN 2021 Universitas Mayjen Sungkono via Zoom Meet

Jum’at, 17 Desember 2021

14.30-16.00

Pembukaan KKN 2021 berkumpul di Lapangan Universitas Mayjen Sungkono Mojokerto

Sabtu, 18 Desember 2021

07.00-10.30

Pelaksanaan Sosialisasi “Pentingnya Sertifikasi Halal Dalam Usaha Makanan Untuk Menunjang Ketahanan Ekonomi” dan sesi tanya jawab/quisioner.

11.00-12.00

13.00-14.30

Kegiatan games hiburan indoor  yang terdiri dari games tebak kata, dan games estafet sarung.

14.30-15.30

Kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah

Minggu, 19 Desember 2021

10.00-11.00

Penutupan KKN 2021 berkumpul di Lapangan Universitas Mayjen Sungkono Mojokerto


  1. Uraian Kegiatan Kuliah Kerja Nyata

    1. Pembekalan 

Menempuh kegiatan KKN atau Kuliah Kerja Nyata menjadi kewajiban bagi setiap mahasiswa yang ingin lulus kuliah. Sebelum melaksanakan kegiatan ini, mahasiswa perlu mengikuti pembekalan KKN. Kegiatan pembekalan ini juga wajib sifatnya bagi semua mahasiswa. Pembekalan KKN Universitas Mayjen Sungkono dilakukan pada Senin, 13 Desember 2021 Pukul 18.00 WIB.

Gambar 3.1 Pembekalan KKN Daring/Online Via Zoom meeting

Mengingat kurang lebih 2 tahun ini sampai sekarang kita mengalami pandemic , maka pembekalan KKN Universitas Majen Sungkono dilaksanakan melalui Daring/Online menggunakan aplikasi zoom meeting. Adapun tujuan dari dilaksanakannya program pembekalan sebelum mahasiswa berangkat KKN, adalah sebagai berikur :

  1. Memberikan Materi KKN

Kegiatan pembekalan ini bertujuan untuk memberikan materi KKN kepada mahasiswa. Lewat kegiatan ini mahasiswa akan memahami apa saja yang akan diselenggarakan selama KKN. 

  1. Memperkenalkan Apa Itu KKN

Pembekalan bertujuan memberi pengenalan kepada mahasiswa mengenai kegiatan KKN. Tentu saja ini menjadi pengalaman pertama bagi mahasiswa untuk terjun langsung menjalani KKN. 


  1. Mendekatkan Diri dengan Rekan KKN

Program KKN dilakukan berkelompok dimana  Kegiatan pembekalan KKN ini akan menjadi momen yang tepat untuk mengenal rekan sekelompok sehingga menjadi lebih akrab dan kompak.

  1. Memberikan Gambaran Program KKN

Lewat aktivitas pembekalan ini, pembimbing bisa memberikan gambaran atau contoh program KKN. Biasanya akan dipaparkan program KKN di tahun-tahun sebelumnya. 

  1. Memotivasi Mahasiswa Menjalani KKN

Program pembekalan ini akan menjadi kesempatan untuk memberikan motivasi bagi mahasiswa sebelum menjalani KKN. KKN merupakan salah satu kegiatan kampus yang cukup panjang dan melelahkan. Tentunya dibutuhkan semangat dan kerja keras agar mahasiswa bisa menjalaninya dengan baik.

  1. Pembukaan KKN

Pada hari Jum’at, 17 Desember 2021 dilaksanakan pembukaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2021/2022 yang diikuti oleh seluruh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2021/2022 di halaman Universitas Mayjen Sungkono Kota Mojokerto. 

Tujuan dari Kegiatan ini adalah untuk membuka kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2021/2022 yang diikuti seluruh mahasiswa di halaman Universitas Mayjen Sungkono Mojokerto, dan dibuka oleh Pembina upacara sedangkan Manfaat kegiatan ini yaitu dapat memberi informasi atau tanda kepada seluruh civitas akademika Universitas Mayjen Sungkono bahwa kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2021/2022  telah dimulai dan segera dilaksanakan.

                 
  1. Kegiatan Sosialisasi 

Sosialisasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) setidaknya memiliki 3 (tiga) arti sebagai berikut: Pertama, suatu usaha untuk mengubah milik seseorang/perseorangan menjadi milik umum atau milik negara. Kedua, proses belajar seorang anggota masyarakat untuk mengenal dan menghayati kebudayaan masyarakat dalam lingkungannya. Ketiga, upaya memasyarakatkan sesuatu sehingga menjadi dikenal (KBBI, 2016).

Kegiatan sosialisasi yang kami ambil meriujuk pada pengertian sosialisasi sebagai upaya memasyarakatkan sesuatu sehingga menjadi dikenal merupakan pengertian yang paling dapat diterima dalam konteks kegiatan sosialisasi yang bertema “Pentingnya Sertifikasi Halal Dalam Usaha Makanan Untuk Menunjang Ketahanan Ekonomi”.

Pelaksanaan Sosialisasi

Hari / tanggal : Sabtu, 18 Desember 2021

Wakt : 07.00 – 10.30

Tempat : SMA Islam Brawijaya Mojokerto

Peserta hadir : 30 siswa kelas 10

Sosialisasi dimulai pada pukul 07.00 diawali dengan sambutan Oleh Dosen Pembimbing Lapangan Bapak Sugeng Eko Yuli Waluyo, S.E, M.M, disusul dengan Pengenalan mahasiswa KKN Kelompok 11 kepada siswa kelas 10, setelah itu mahasiswa kelompok 11 mengenalkan kampus Universitas Mayjen Sungkono kepada siswa dan siswi.

Pada pukul 07.30 perwakilan 4 orang mahasiswa KKN kelompok 11 memulai sosialisasi, perwakilan tesebut diantaranya :

  1. Moderator oleh : Dimas Bayu Ardi

  2. Pemateri 1 oleh : Dwi Agustyas Saputri

  3. Pemateri 2 oleh : Kiki Nur Alifah

  4. Notulen oleh : Afridatus Su’udiyah K

Yang pertama penyampaian materi oleh Dwi Agustyas mengenai pengertian makanan halal, syarat – syarat produk halal , pengertian sertifikasi halal , kewajiban seorang muslim dalam mengkonsumsi makanan halal, kemudian penyampaian materi oleh Kiki Nur Alifa mengenai manfaat makanan halal, manfaat sertifikasi halal bagi produsen dan manfaat sertifikasi halal bagi konsumen. Setelah penyampaian materi dilakukanlah sesi Tanya jawab oleh perwakilan mahasiswa KKN kelompok 11 kepada siswa dan siswi Kelas X SMA Islam Brawijaya Mojokerto. Manfat dari sosialisai ini adalah : 

  • Siswa dapat mengetahui apa itu makanan halal dan manfaat makanan halal

  • Siswa dapat mengetahui syarat syarat produk halal

  • Siswa dapat memahami apa itu sertfikasi halal, pentingnya sertifikasi halal dalam usaha makanan.

  • Siswa dapat memahami manfaat sertifikasi halal bagi konsumen dan bagi Produsen.

Dalam proses kegiatan sosialisasi, sikap siswa menunjukkan respon yang sangat positif dalam pemahaman materi sosialisasi yang bertema “Pentingnya Sertifikasi Halal Dalam Usaha Makanan Untuk Menunjang Ketahanan Ekonomi”, hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa saat sesi tanya jawab. Banyak siswa yang mampu menjawab pertanyaan yang di siapkan oleh mahasiswa KKN.

  1. Kegiatan Games Hiburan Indor

Dalam kegiatan KKN game menjadi salah satu program non tema yang dilakukan oleh kelompok 11 dalam sosialisasi ketahan nasional di SMA Islam Brawijaya. Ada beberapa game yang dilakukan yaitu :

A. Game Tebak Kata 

Tebak kata merupakan permainan yang menyenangkan dan cocok untuk dimainkan di kala senggang. Permainan ini juga sangat menghibur di kala harus menunggu di sebuah antrean layanan yang cukup panjang. Jika dahulu permainan tebak kata biasa dimainkan di permainan papan atau board game. Maka kini seiring dengan kemajuan teknologi, permainan tebak kata bisa dinikmati melalui smartphone Android Anda. 

Tebak kata menjadi salah satu Game yang dilakukan oleh kelompok 11 di kelas X IPA SMA Islam Brawijaya. Game dimulai pada pukul 11.00 – 12.00 WIB,  Game ini dilakukan untuk menunjang kegiatan utama sebelumnya yakni sosialisasi. Selain itu pemilihan game ini dilakukan sebagai kagiatan rileksasi bagi siswa setelah menerima materi sosialisasi. 

Game ini tidak memerlukan peralatan yang berat melainkan hanya bermodal pengetahuan. Memainkannya dapat dilakukan oleh sedikit ataupun banyak orang. Peserta game yang dibentuk selama kegiatan KKN terdiri dari Mahasiswa dari Universitas Mayjen Sungkono dan siswa kelas X SMA Islam Brawijaya. Untuk menarik minta siswa didalam permainan kelompok 11 juga menyiapakan hadiah bagi siswa yang dapat menjawab tebak kata. 

Game ini memiliki banyak manfaat bagi siswa. Saat bermain game, siswa menjadi lebih terlibat dalam pembelajaran mereka, konten yang diajarkan diperkuat dan kepositifan kelas meningkat. Diterapkannya permainan tebak kata siswa dapat turut aktif dalam bekerja sama antarsiswa dan bertanggungjawab. Siswa juga akan mempunyai kekayaan bahasa atau kata-kata. Hal tersebut memudahkan siswa dalam menanamkan konsep pembelajaran dalam ingatan siswa. Sehingga dalam pelaksanaan permainan tebak kata ini diharapkan guna untuk memberikan dorongan siswa agar berminat dalam pembelajaran dan meningkatnya motivasi belajar. 

B.  Game Estafet Sarung

Permainan estafet sarung adalah permainan yang sering diadakan dalam acara lomba-lomba. Estafet sarung lebih fokus pada adu ketangkasan para peserta lomba. Permainan ini akan mengungkapkan bagaimana suatu kelompok mampu bekerja sama dalam membuat strategi yang tepat untuk memenangkan persaingan yang sangat ketat.

Game Estafet Sarung menjadi pemilihan game terakhir  yang dilakukan oleh kelompok 11 dalam Kegiatan KKN di SMA Islam Brawijaya. Pada pukul 13.00-14.30 Setalah game pertama tebak kata, game kedua ini dipilih untuk meningkatkan Eufotia siswa di jam-jam terakhir kegiatan dan  juga pemberian hadiah bagi partisipan game yang diharapkan semakin meningkatkan ueforia siswa. Pelaksanaan game estafet sarung tidak bagitu rumit hanya memerlukan dua hal yakni sarung dan peserta permainan. 

Alat dan bahan           : Sarung

Jumlah peserta            : sekitar 7 peserta per kelompok

Waktu                         : 15-30 menit.

Gambaran permainan :

Para peserta outbound harus adu cepat untuk memindahkan benda dengan sarung yang dikalungkan di leher tanpa boleh menggunakan tangan.

Cara permainan :

  1. Setiap kelompok berdiri berbanjar ke belakang. Peserta paling depan mendapatkan sebuah sarung yang dikalungkan ke leher.

  2. Pada saat fasilitator memberi aba-aba ‘’ mulai ‘’, peserta pertama tiap kelompok akan memindahkan sarung yang terkalung ditangan ke lehernya kemudian ke leher teman di sampingnya dengan posisi tangan saling bergandengan antar peserta. Pemindahan ini harus secepat mungkin dan tidak boleh menggunakan bantuan alat. 

  3. Peserta kedua segera menerima sarung tersebut dari lehernya dan segera memberikan kepada peserta berikutnya.begitu seterusnya hingga sarung berpindah ke peserta terakhir.

  4. Pemenangnya adalah kelompok yang peserta terakhirnya lebih dulu menerima sarung tersebut

  1. Kegiatan Kerja Bakti

Salah satu kebudayaan yang menjadi identitas masyarakat adalah kerja bakti. Kegiatan ini biasanya dilakukan masyarakat sekitar secara bersama-sama, dengan tujuan untuk membangun infrastruktur atau membersihkan lingkungan sekitar yang dilaksanakan secara gotong royong. Salah satunya kerja bakti di lingkungan sekolah dilakukan agar sekolah bersih , sehat dan nyaman sehingga kegiatan belajar mengajar jadi lebih kondusif . Kegiatan kerja bakti ini merupakan suatu kegiatan wujud dari kepedulian terhadap kebersihan lingkungan sekitar . Dimana dengan adanya kegiatan ini kita dapat mewujudkan rasa kepedulian dengan lingkungan sekitar untuk menjaga kebersihan, kegiatan ini juga dapat menumbuhkan rasa gotong royong sesama manusia.

Kegiatan kerja bakti dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 18 Desember 2021 pukul 14.30-15.30 WIB yang dilaksanakan di SMA Islam Brawijaya , kegiatan ini termasuk dalam KKN ( Kuliah Kerja Nyata ) oleh mahasiswa Universitas Mayjen Sungkono kelompok 11 dalam mewujudkan kepedulian terhadap lingkungan juga menumbuhkan rasa gotong royong sesama manusia. Dimusim penguhujan ini kerja bakti sangat perlu dilakukan, dengan kondisi lingkungan sekolah yang mulai banyak tumbuhan – tumbuhan liar, mengingat hampir satu tahun ajaran, kegiatan belajar mengajar hanya dilakukan secara daring/online. Untuk itu kegiatan kerja bakti ini dilakakukan diantara nya dengan  menyapu halaman sekolah , memotong rumput , memotong ranting pohon yang lebat untuk menghindari kemungkinan buruk cidera pada warga sekolah dan menghindari adanya warga sekolah yang terserang penyakit DBD karena sedang musim penghujan. 

Dengan adanya kegiatan kerja bakti diharapkan agar SMA Islam Brawijaya bisa bersih dan para siswa nyaman untuk melakukan kegitan belajar mengajar tatap muka di sekolah seperti sebelum adanya PPKM serta dapat menumbuhkan rasa peduli , gotong royong dan menjalin keakraban antar sesame. Peralatan untuk kerja bakti yang digunakan pada saat di sekolah seperti sapu lidi , cikrak , tempat sampah , gunting rumput dan cangkul kecil, parang,sabit. Kegiatan kerja bakti ini dilakukan oleh semua mahasiswa KKN kelompok 11 dengan dibantu 30 siswa kelas X jurusan IPA dan IPS.

Setelah kegitan akhir yaitu kerja bakti pada pukul 15.30 – 16.00 WIB kegiatan KKN di SMA Islam Brawijaya Mojokerto selesai, penutupan dilakukan di halaman kantor kepala sekolah, penutupan diikuti oleh semua kelompok KKN yang dipimpin oleh Ketua Lppm Ibu Oktaviani Permatasari S.E.,M.M. diikuti oleh DPL kelompok 11 Bapak Sugeng  Eko Yuli  Waluyo. SE.,MM dan juga kepala sekolah SMA Islam Brawijaya Mojokerto. Kemudian peserta KKN Kelompok 11 memberikan penyerahan kenang kenangan secara simbolis kepada kepala sekolah SMA Islam Brawijaya Mojokerto. Kemudian penutupan di tutup dengan do’a. 

  1. Penutupan KKN

Pada hari minggu, 19 Desember 2021 dilaksanakan penutupan Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2021/2022 yang diikuti oleh seluruh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2021/2022 di halaman Universitas Mayjen Sungkono Kota Mojokerto. Penutupan bertujuan untuk mengakhiri kegiata Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2021/2022 yang diikuti seluruh mahasiswa di halaman Universitas Mayjen Sungkono Mojokerto, dan ditutup oleh Pembina upacara. Adapun manfaat dari kegiatan ini adalah dapat mengembangkan wawasan karakter dan soft skill mahasiswa dalam menanamkan jiwa dan nilai-nilai kebersamaan, kemandirian, etos kerja dan tanggung jawab.


  1. Capaian Kegiatan KKN

3.4.1 Kegiatan Sosialisai

Peserta dari kegiatan sosialisasi ini adalah 30 siswa yang terdiri dari 14 siswa perempuan dan 16 laki-laki. Analisa hasil ini diperoleh dari quisioner sesi tanya jawab yang diperoleh. Kuisioner pertama ini di berikan sebelum pemaparan terkait pentingnya sertifikat halal pada makanan. Dan pada kuisioner ini 80 % atau 20 siswa tidak dapat menjawab, 20 % atau 5 siswa dapat menjawab dengan jawaban yang kurang tepat. Namun setelah di beri sosialisasi terkait pentingnya sertifikat halal pada makanan sekitar 85% atau 25 siswa dapat menjawab dengan tepat dan para siswa menjadi paham kenapa sertifikat halal itu menjadi sangat penting.

Evaluasi ini kami lakukan dengan 2 cara yaitu yang pertama melalui kuisioner dengan 10 pertanyaan dan yang kedua yaitu evaluasi yang dilakukan secara langsung dengan mengkroscek pada kemasan makanan, apakah dikemasan makanan tersebut terdapat label halal?. Hasil capaian dari kegiatan sosialisasi pentingnya setifikat halal pada makanan yaitu  

  1. siswa dapat memahami mengenai apa itu makanan halal serta syarat2 produk halal.

  2. siswa dapat memahami mengenai pengertian sertifikasi halal, kewajiban seorang muslim dalam memakan makanan halal

  3. siswa juga dapat memahami manfaat makanan halal, manfaat sertifikasi halal khusunya bagi pridusen dan konsumen

  4. siswa juga aktif dan antusias dalam sesi tanya jawab atau kuisioner mengenai makanan halal.

3.4.2 Kegiatan Games

Peserta dari kegiatan ini adalah 30 siswa 14 siswa perempuan dan 16 laki-laki, pada sesi pertama kami memulai games tebak kata dan sesi kedua adalah estafet sarung, dimana 80% atau 20 siswa yang merasa bosan setelah kegiatan di dalam kelas . Pada akhirnya menunjukkan antusiasnya Game ini memiliki banyak manfaat bagi siswa. Saat bermain game, siswa menjadi lebih terlibat dalam pembelajaran mereka, permainan tebak kata siswa dapat turut aktif dalam bekerja sama antar siswa dan bertanggungjawab. Siswa juga akan mempunyai kekayaan bahasa atau kata-kata. Hal tersebut memudahkan siswa dalam menanamkan ingatan siswa sehingga dalam pelaksanaan permainan tebak kata ini diharapkan guna untuk memberikan dorongan siswa agar berminat dalam pembelajaran dan meningkatnya motivasi belajar. 

Games estafet sarung Permainan estafet sarung adalah permainan yang sering diadakan dalam acara lomba-lomba. Estafet sarung melatih fokus pada adu ketangkasan para peserta lomba. Permainan ini akan mengungkapkan bagaimana suatu kelompok mampu bekerja sama dalam membuat strategi yang tepat untuk memenangkan persaingan yang sangat ketat.

3.4.3 Kegiatan Kerja Bakti

Pada saat pendemi ini sekolah dan pemerintah sepakat untuk menjalankan kegiatan belajar mengajar dirumah atau yang disebut daring.  Karena itu kondisi sekolah yang tidak terawat dan menjadi sangat kotor.  Maka kami tim kelompok 11 melakukan kegiatan kerja bakti sebagai wujud gotong royong agar menciptakan suasana yang asri dan humanis. 

Capaian dari kegiatan kerja bakti di lingkungan sekolah dilakukan agar sekolah bersih , sehat dan nyaman sehingga kegiatan belajar mengajar jadi lebih kondusif . Kegiatan kerja bakti ini merupakan suatu kegiatan wujud dari kepedulian terhadap kebersihan lingkungan sekitar . Dimana dengan adanya kegiatan ini kita dapat mewujudkan rasa kepedulian dengan lingkungan sekitar untuk menjaga kebersihan.

Kegiatan  KKN  merupakan  wahana  bagi  mahasiswa  untuk  mendukung terwujudnya  sumber  daya  manusia  yang  berkualitas  yang  merupakan  modal utama  dalam  pembangunan  yang  harus  ditingkatkan  agar  mempunyai  daya saing  yang  tinggi.  KKN  ini  juga  bertujuan  memberikan  pengalaman  belajar bagi  mahasiswa  dan  kelompok  sasaran  KKN  untuk  mengembangkan  potensi diri, menyusun  perencanaan,  pengembangan  dan  peningkatan  kualitas masyarakat.  Berdasarkan  uraian  pelaksanaan  program  kerja  KKN  di  SMA Islam Brawijaya Mojokerto  Kecamatan  prajurit kulon kota Mojokerto  tanggal  18  Desember  2021  dapat  diperoleh  kesimpulan  sebagai berikut : 

  1. KKN  menjadi  media  bagi  mahasiswa  untuk  mentransfer  ilmu pengetahuannya  yang  diperoleh dari bangku perkuliahan. 2.  KKN  mampu  menjadi  wadah  untuk  mahasiswa  dalam  penyusunan  suatu program.

  2. Pelaksanaan  program  kerja  KKN  baik  berupa  bidang  kependidikan maupun  non  kependidikan  dapat  berjalan  dengan  baik  dan  lancar  karena adanya  kerjasama  yang  baik  antar  mahasiswa  dengan  pihak  masyarakat, walaupun  kualitas  dan  kuantitasnya  belum  sesuai  dengan  rencana  karena keterbatasan biaya,  waktu dan kemampuan mahasiswa. 

  3. Program  kerja  dapat  berlangsung  dengan  baik  berkat  partisipasi  semua pihak dan  rekan-rekan  Tim  KKN  yang  membantu  meluangkan  waktunya untuk terlaksananya  program KKN.

BAB IV 

KESIMPULAN DAN SARAN


  1. Kesimpulan

Kesimpulan yang kami dapatkan dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mayjen Sungkono Mojokerto tahun 2021 di SMA Islam Brawijaya Mojokerto mendapat sambutan, tanggapan dan perhatian yang positif dari pihak sekolah dan siswa sehingga dapat berjalan dengan baik dan lancar. Program - program yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN dapat berjalan dengan lancar walaupun ada beberapa kendala dan hambatan karena masih dalam masa pandemi Covid 19.

Program KKN yang dilaksanakan memiliki keterbatasan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan agar meminimalisir penyebaran Covid-19. Program atau kegiatan tersebut antara lain: Sosialisasi beserta tanya jawab, Games berhadiah, terhadap siswa dan siswi SMA Islam Brawijaya Mojokerto ,dan bakti sosial ( kerja bakti) . Sosialisasi yang dilakukan bertujuan agar siswa dan siswi SMA Islam Brawijaya Mojokerto paham tentang Pentingnya sertifikasi halal dalam usaha makanan. 

Mengingat SMA Islam Brawijaya Mojokerto merupakan sekolah berbasis islam, makan tujuan utama dari sosialisasi tentang pentingnya sertifikasi halal dalam usaha makanan adalah agar siswa siswi memahami tujuan pencantuman logo halal pada produk makanan dan minuman adalah untuk melindungi siswa dan siswi terhadap produk yang tidak halal. Memberikan kepastian hukum bahwa produk makanan dan minuman tersebut benar-benar halal sesuai yang disyariatkan oleh Hukum Islam. Siswa siswi muslim tidak akan ragu-ragu untuk membeli produk makanan dan minuman, karena pada kemasan produk makanan dan minuman tersebut  telah tercantum logo halal. 

  1. Saran

Dengan tujuan untuk memberikan masukan serta partisipasi demi kemajuan dalam meningkatkan taraf dan mutu organisasi, kami mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mayjen Sungkono memberikan beberapa saran kepada berbagai pihak yang terkait dalam pelaksanaan KKN ini yang diharapkan dapat berguna untuk peningkatan mutu dan kualitas semua pihak, antara lain sebagai berikut :

  1. Bagi siswa dan siswi SMA Islam Brawijaya Mojokerto

  1. Semua siswa dan siswi maupun tenaga pendidik tetap harus mematuhi protokol kesehatan, seperti mencuci tangan, memakai handsanitizer, memakai masker ketika sosialisasi yang dilakukan oleh para Mahasiswa maupun ketika pembelajaran tatap muka , serta menjaga jarak minimal 1 meter untuk mencegah penyebaran Covid-19.

  2. Pemberian informasi yang jelas dan tepat dari pihak sekolah agar tidak terjadi Miss atau kesalah pahaman ketika pemberian sosialisasi untu mendukung kelancaran acara , agar sesuai jadwal dan mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Bagi Mahasiswa KKN Periode selanjutnya

  1. Mahasiswa hendaknya mampu menyiapkan diri baik dari segi mental/spritual, fisik, serta kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik untuk dapat bersosialisasi dan menyesuaikan diri dalam lingkungan bermasyarakat.

  2. Mahasiswa hendaknya menanamkan sikap tanggung jawab, mandiri, rendah hati, sikap saling menghargai dan menghormati, sikap kekeluargaan dan kebersamaan, dan selalu bekerjasama.


DAFTAR PUSTAKA 

Penerbit smaislambrawijayakotamojokerto.blogspot.com (2010, 05 Januari). KTSP SMA Islam Brawijaya. http://smaislambrawijayakotamojokerto .blogspot.com/2010/01/ktsp-sma-islam-brawijaya-kota-mojokerto.html?m=1.  Diakses pada 20 Desember 2021, dari 

Penerbit smaislambrawijayakotamojokerto.blogspot.com (2010, 01 Juli). Profil SMA Islam Brawijaya.https://www.google.co.id/amp/s/data.sekolah-kita.net/sekolah/SMAS%2520ISLAM%2520BRAWIJAYA_126621. Diakses pada 20 Desember 2021. 

Penerbit asy-syaamil.com (2018, 04 April).  Ini Alasan Mengapa Harus Memilih Sekolah Berbasis Islam. http://asy-syaamil.com/ini-alasan-mengapa-harus-memilih-sekolah-berbasis-islam/ . Diakses pada 20 Desember 2021. 

Penerbit  smkcendekiabatujajar.sch.id (2020, 17 Agustus). Fungsi dan Tugas Kepala Sekolah. Diakses pada 24 Desember 2021, dari https://smkcendekiabatujajar.sch.id/editorial/fungsi-dan-tugas-kepala-sekolah/

Penerbit  m2mpekanbaru.sch.id. Tupoksi Tata Usaha. Diakses pada 24 Desember 2021, dari https://m2mpekanbaru.sch.id/MAN2/tupoksi-tata-usaha/

Penerbit  sman5kotabogor.sch.id. Wakil Kepala Sekolah. Diakses pada 24 Desember 2021, dari https://sman5kotabogor.sch.id/index.php/54/page/54/wakil-kepala-sekolah

Penerbit  uraiantugas.com (2017, Maret).  Tugas Guru Bimbingan Konseling. Diakses pada 24 Desember 2021, dari https://www.uraiantugas.com/2017/03/tugas-guru-bimbingan-konseling-disekolah.html




LAMPIRAN


Lampiran 1.  Daftar Pertanyaan


Lampiran 2. Peta SMA Islam Brawijaya Mojokerto

Jl. Surodinawan, Mergelo, Surodinawan, Kec. Prajurit Kulon, Kota Mojokerto, Jawa Timur 61328


    (0321) 392686

GC6C+XR Surodinawan, Kota Mojokerto, Jawa Timur

Lampiran 3. Dokumentasi Kegiatan KKN

Pembekalan 13/12/2021 : Pembekalan KKN 2021-2022 yang diikuti Seluruh Mahasiswa Peserta KKN Universitas Mayjen Sungkono Kota Mojokerto secara daring/Oline via zoom meeting.



Pembukaan KKN 17/12/2021 : Pembukaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2021/2022 yang diikuti oleh seluruh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2021/2022 di halaman Universitas Mayjen Sungkono Kota Mojokerto.






NB : Selesai pembukaan KKN, Kelompok 11 melakukan kegiatan bungkus membungkus hadiah.


Sosialisai KKN 18/12/2021: Kegiatan sosialisasi“Pentingnya Sertifikasi Halal Dalam Usaha Makanan Untuk Menunjang Ketahanan Ekonomi”di SMA Islam Brawijaya Mojokerto, dibuka oleh sambutan Dosen Pembimbing Lapangan Bapak Sugeng Eko Yuli Wayulo, SE,.MM. di ikuti perkenalan mahasiswa KKN Kelompok 11.




NB : Sosialisasi oleh perwakilan 5 mahasiswa kelompok 11, Dimas bayu ardi (Moderator), Dwi agustyas saputri (Pemateri 1), Kiki Nur Alifa (Pemateri 2), Afridatus su’idiyah K (Notulen).



NB : Sesi tanya jawab oleh mahasiswa KKN Kepada siswa dan siswi serta pemberian hadiah bagi yang berani menjawab pertanyaan dan berani bertanya. 





NB: Sesi game tebak kata, Game ini dilakukan untuk menunjang kegiatan utama sebelumnya yakni sosialisasi. Selain itu pemilihan game ini dilakukan sebagai kagiatan rileksasi bagi siswa setelah menerima materi sosialisasi, peserta yang bisa menebak kata dalam games tersebut mendapatkan hadiah.









NB : Game Estafet Sarung menjadi pemilihan game terakhir  yang dilakukan oleh kelompok 11 dalam Kegiatan KKN di SMA Islam Brawijaya, game kedua ini dipilih untuk meningkatkan Eufotia siswa di jam-jam terakhir kegiatan dan  juga pemberian hadiah bagi partisipan game yang diharapkan semakin meningkatkan ueforia siswa serta pembagian hadiah.









Kegiatan Kerja Bakti : Kegiatan ini menjadi kegiatan terakhir pada tanggal 18/12/2021 yang termasuk dalam KKN ( Kuliah Kerja Nyata ) oleh mahasiswa Universitas Mayjen Sungkono kelompok 11  dalam mewujudkan kepedulian terhadap lingkungan juga menumbuhkan rasa gotong royong sesama manusia.







NB : Terakhir untuk mengakhiri acara KKN Kelompok 11 Universitas Myjen Sungkono Mojokerto di SMA Islam Brawija Mojokrto, Peserta KKN Beserta Dosen Pembimbing Lapangan melakukan upacara penutupan yang dipimpin oleh Ketua LPPM, sekaligus pemberian kenang kenangan secara simbolis kepada Kepala Sekolah SMA Islam Brawijaya Mojokerto.


NB : Foto siswa – siswi SMA Islam Brawijaya Mojokerto yang mendapatkan pengalaman dari mahasiswa KKN Kelompok 11, Foto mahasiswa peserta KKN Kelompok 11, Foto bersama Mahasiswa KKN Kelompok 11 besama siswa – siswi SMA Islam Brawijaya Mojokerto.





Penutupan KKN 19/12/21 : Penutupan KKN yang diikuti oleh seluruh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2021/2022 di halaman Universitas Mayjen Sungkono Kota Mojokerto, dilanjut oleh pengerjaan laporan oleh peserta KKN Kelompok 11.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL USAHA KRUPUK SEBLAK KERING

KULINER